Cara Membuat Tali Id Card Sendiri dengan Mudah

Tali id card saat ini menjadi salah satu item yang cukup banyak orang cari, hal ini lantaran penggunaannya yang mendapatkan kemajuan seperti dapat mempromosikan sebuah jasa atau perusahaan. Melihat kondisi ini, Anda pun harus belajar cara membuat tali id card sendiri.

Fungsi Utama Tali Id Card

Kartu identitas atau Id card saat ini cukup banyak orang gunakan terutama untuk para pegawai kantoran. Untuk memudahkan seorang karyawan teridentifikasi maka id card jadi sangat penting. biasanya di sebuah kartu identitas ini terdapat informasi nama dan departemen pegawai tersebut.

Sekarang id card sering orang gunakan dengan cara menggantungnya di leher sehingga menyerupai sebuah kalung. Untuk membuat sebuah kondisi seperti ini, perlu yang namanya tali sebagai pengait ke leher seseorang. Benda itu adalah tali id card.

Fungsi utama tali id card tentu adalah untuk menampilkan sebuah kartu identitas seseorang. Umumnya para karyawan dan pegawai kantor yang menggunakannya, akan tetapi tidak jarang juga beberapa lembaga pendidikan atau organisasi pemerintah menerapkan penggunaan id card ini juga.

Apa Saja Bahan yang Perlu Dipersiapkan ?

Pembuatan dari benda ini tentu saja mengharuskan Anda menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Tali id card murah memang memiliki banyak sekali kegunaan, maka dari itu mempelajari pembuatannya sangat berguna untuk si pembuat, berikut bahan bahan perlu pengguna siapkan :

1. Menyiapkan Tali Licin

Bahan pertama yang perlu Anda siapkan adalah tali licin dengan tingkap kilapan. Ini menjadi bahan utama dari tali id card. Penting juga untuk memilih tali dengan kekuatan kokoh, sehingga benda ini nantinya sangat kuat untuk menggantung kartu identitas.

Terdapat beberapa pilihan tali licin saat Anda mengunjungi sebuah toko peralatan. Bisa menggunakan tali dengan lebar 2 cm atau 1,5 cm. Ada juga beberapa warna yang bisa menjadi opsi agar tali id card bisa terlihat lebih menarik serta menawan.

2. Menyiapkan Paku Centang

Selanjutnya benda yang harus Anda persiapkan sebelum membuat sebuah tali id card adalah paku centang. Benda ini sangat penting untuk menempelkan tali licin tadi ke id cardnya. Untuk gantungan dengan lebar 1 cm membutuhkan 2 paku centang.

Saat memutuskan untuk membuat tali id card, pastikan untuk memahami dan mengetahui ukurannya secara tepat. Karena hal ini akan berpengaruh kepada pembeli dan cadangan paku centang. Usahakan untuk menghitungnya secara akurat.

3. Menyiapkan Sebuah Gantungan atau Cantolan

Berikutnya benda yang harus Anda siapkan adalah gantungan atau cantolan, tali lanyard id card sangat sensitif, maka dari itu membutuhkan alat ini agar bisa menggantungkan kartu identitas secara sempurna kepada seseorang.

Cantolan ini umumnya orang tawarkan dengan berbagai jenis serta varian, sehingga dengan memilih secara tepat tali id card Anda akan tampil sangat menarik. Untuk itulah jangan kesampingkan hal ini saat hendak membuat tali gantungan kartu identitas.

4. Menyiapkan Stopper

Setelah menyiapkan tali dan berbagai bahan lainya jangan sampai lupa untuk menyiapkan juga sebuah alat bernama stopper. Sebenarnya alat ini tidak wajib dalam praktek pembuatan sebuah tali lanyard Jakarta, akan tetapi kehadiran benda ini bisa menambah estetika dari tali id card.

Umumnya orang gunakan untuk membuat tali id card semakin menarik dan bervariasi. Hal ini tentu akan membuat banyak pihak saat melihat tali gantungan ini akan tergoda bila mempunyai tampilan menarik. Jadi penting untuk menghadirkan sebuah stopper ini.

5. Menyiapkan Hand Press

Saat melakukan pembuatan sebuah tali id card, agar paku centang terpasang dengan kokoh, Anda memerlukan sebuah alat, yaitu Hand press. Mesin satu ini memang cukup efektif dalam mengepres benda apapun.

Hampir sebuah kegiatan dalam industri konveksi memerlukan benda ini. Maka dari itu, saat Anda memutuskan untuk membuat sebuah tali id card, alangkah baiknya ketika memiliki alat ini. Karena Hand Press sangat mudah orang gunakan dan tidak sulit juga.

Inilah Cara Membuat Tali Id Card Sendiri dengan Cepat dan Mudah

Terdapat beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan saat membuat tali id card. Fungsi benda ini memang sangat menakjubkan sehingga tidak heran bila orang sangat ini membuatnya. Berikut langkah langkah cara membuat tali id card sendiri :

1. Tahap Pertama Memotong Bahan Dasar

Dalam pembuatan tali lanyard custom card secara mandiri setidaknya terdapat dua tahapan perlu Anda lakukan. Pertama tentu saja menyiapkan barang dan bahanya. Jika masih bingung berikut langkah langkah pembuatan tali id card tahap pertama :

  • Potong terlebih dahulu tali licin jadi dua bagian
  • Panjang potongan pertama 80cm
  • Kemudian potong lagi tali kedua 10 cm
  • Masukan tali licin tadi ke dalam stopper
  • Maka proses pembuatan tahap pertama selesai

2. Tahap Kedua Menggunakan Hand Press dan Memanfaatkan Cantolan

Setelah Anda berhasil melakukan tahap satu tentu akan menemukan kondisi tali gantungan yang sudah terhubung dengan stopper, untuk membuat benda ini jadi kencang, perlu menggunakan hand press. Berikut langkah langkahnya :

  • Setelah memasukan tali licik ke stopper
  • Kemudian pasangkan centolanya
  • Ini agar tali id card terlihat menarik
  • Lubangi tali gantungannya
  • Lalu masukan paku centangnya lewat lubang itu
  • Setelah semuanya rapi langsung hand press
  • Agar paku centang terpasang secara kokoh
  • Tali id card pun akhirnya jadi juga.

Demikian informasi mengenai cara membuat tali id card sendiri. Memiliki id card dengan tali yang menarik akan membuat seseorang terlihat semakin keren. Maka dari itu, mempelajari metode pembuatannya secara mandiri bisa membuat Anda dapat menciptakan versi sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?