Cara Membuat Tali Id Card dengan Tahapan yang Benar

Membuat tali id card secara mandiri menjadi aktivitas yang cukup menarik untuk Anda lakukan. HalĀ  ini lantaran benda ini kini cukup populer dan banyak orang gunakan. Sebenernya cara membuat tali id card tidak sulit untuk orang pelajari secara otodidak.

Inilah Tahapan Cara Membuat Tali Id Card yang Paling Tepat

Apabila Anda ingin membuat sebuah tali lanyard, tentu harus melalui proses dan tahapan yang benar. Ini sangat penting agar bisa menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Berikut tahapan cara membuat tali id card yang paling benar :

1. Tahap Pertama, Mempersiapkan Bahan Dasar

Untuk langkah awal yang harus Anda lakukan dalam proses pembuatan tali id card adalah menyiapkan bahan bahannya. Akan tetapi sebelum menyiapkan bahan ini harus memperhatikan metode pembuatannya dahulu.

Bila menggunakan teknik sablon tentu bisa menyiapkan bahan nylon sebagai talinya. Bisa menggunakan metode sublim menyimpan bahan tissue lanyard atau poliester menjadi pilihan atau opsi terbaik agar hasil maksimal.

2. Tahap Kedua, Mempersiapkan Alat

Setelah menemukan metode mana yang akan Anda gunakan, tahap berikutnya adalah menyiapkan alat untuk pembuatannya. Misalnya ingin menggunakan metode pembuatan tali id card dengan teknik sublim bisa menyiapkan alat sebagai berikut :

  • Printer sublim
  • Alat pemotong
  • Bisa menggunakan gunting atau cutter
  • Menyiapkan alat press seperti hot press
  • Menyiapkan alat penancap paku
  • Alat pengait
  • Menyiapkan stopper

3. Tahap Ketiga, Membuat Desainnya

Setelah berhasil menyiapkan bahan dan juga alatnya, kini saatnya Anda melakukan desain. Tahap ini penting. terdapat banyak sekali software desain yang bisa pengguna pakai sebut saja seperti Photoshop dan CorelDraw.

Pilih salah satu lakukan desain gambar atau tulisan dan warna pada aplikasi tersebut. Pastikan mendesain tampilan yang cocok pada jenis bahan dan juga pembuatan tali kartu identitasnya, agar tampilan menjadi menarik.

4. Tahap Keempat, Mulai Memotong Kain

Setelah bahan, alat dan desain sudah siapkan, tahap berikutnya adalah mulai memotong bahan dasar tadi. Mulailah dengan memotong kain tali lanyard. Pastikan untuk memotongnya sesuai dengan kebutuhan sehingga terlihat bagus.

Perlu Anda ingat bila pemilihan warna kain sangat penting. Setelah itu, pastikan hasil potongan sudah presisi antara kain satu dan lainnya. Sehingga nantinya dapat menghasilkan tali id card dengan tingkat kesempurnaan luar biasa.

5. Tahap Kelima, Melakukan Proses Printing

Langkah selanjutnya setelah selesai berurusan dengan kain adalah melakukan proses print tali lanyard dan sablon. Lakukan tahapan ini sesuai kebutuhan agar tampilan pada tali gantungan kartu identitas dapat terlihat bagus.

Pastikan untuk mencetak logo, tulisan dengan warna yang sesuai, ini Anda dapatkan setelah melakukan desain di komputer, hasil tersebut cetak di sebuah kertas yang nantinya akan di press menggunakan sebuah mesin ke tali id card.

6. Tahap Keenam, Melakukan Proses Press

Tahapan berikutnya setelah tali kartu identitas dan juga desain sudah siap yaitu melakukan proses pressing. Siapkan Alat hot press dengan suhu 195 derajat dan waktu 35 detik. Pastikan mengikuti pengaturan ini agar hasil maksimal.

Kemudian lakukan prosess press pada kedua sisi tali gantungan id card tadi. Untuk membuat hasil lebih maksimal sehingga hasil desain dapat tertempel dengan rapi dapat memanfaatkan selotip termal. Ini jadi benda penting dalam proses pressing.

7. Tahap Ketujuh, Melakukan Finishing Atau Sentuhan Terakhir

Tahap terakhir adalah finishing, sambungkan tali gantungan yang sudah mengalami pressing sehingga memiliki desain menarik tadi ke kartu identitas. Kemudian putar dan perhatikan apakah sudah terpasang dengan rapi atau belum.

Lakukan pengecekan ulang pada desain dan juga pemasangan bahan bahanya. Apakah sudah terpasang secara benar ataukah belum. Bila semuanya rasanya sudah pas maka proses pembuatan tali kartu identitas sudah berhasil.

Penggunaan Tali Gantungan Selain untuk Id Card

Saat berhasil membuat sebuah tali untuk kartu identitas, benda ini dapat Anda gunakan untuk hal lain selain menggantungkan kartu identitas di leher. Berikut beberapa kegunaan lain dari id card yang perlu pengguna ketahui :

1. Menjadi Media untuk Aksesoris Ponsel

Kegunaan lain yang bisa Anda peroleh setelah membuat tali kartu identitas adalah untuk aksesoris hp. Ponsel saat ini menjadi salah satu barang yang banyak orang gunakan. Smartphone sekarang memiliki cukup banyak aksesoris.

Untuk mempercantik atau memperindah smartphone menggunakan tali dari kartu identitas bisa jadi pilihan, apalagi bisa menambahkan beberapa ornamen atau pompom eksklusif. Sehingga tampilan ponsel menjadi lebih lucu dan unik.

2. Menjadi Media Gantungan Kunci Atau Pulpen

Tali id card juga bisa pengguna pakai untuk gantungan pada kunci atau poplen. Terdapat beberapa barang yang seringkali orang lupa menaruhnya, salah satunya adalah kedua benda ini. Dengan menambahkan tali ini, kemungkinan mudah menemukannya tinggi.

Tampilan dari tali kartu identitas ini sangat mencolok. Sehingga apabila Anda memasangkannya pada kunci atau poplen, maka benda tersebut akan terlihat menonjol juga, kondisi ini membuat orang akan mudah menemukan kedua barang tersebut bilang hilang.

3. Menjadi Media Gantungan pada Flashdisk

Flashdisk merupakan media penyimpanan yang cukup penting pada zaman modern. Terdapat banyak sekali data data privasi yang umumnya orang simpan pada benda satu ini. Sehingga apabila hilang akan membuat Anda bingung.

Dengan menggunakan gantungan id card custom, keberadaan flashdisk akan mudah pengguna lacak, karena akan tampil sangat mencolok. Jadi terdapat banyak faat saat Anda berhasil membuat sebuah tali id card ini.

Demikian informasi mengenai tahapan penting cara membuat tali id card. Dengan mengikuti langkah demi langkah pembuatan tali untuk menggantung kartu identitas ini, Anda dapat membuat benda tersebut dengan cepat dan mudah, tentunya lewat prosedur tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?