Gantungan Lanyard, Berapa Ukurannya yang Pantas?

Lanyard sendiri merupakan salah satu jenis tali dengan bahan dasar nilon maupun polyester yang memiliki beragam warna dan juga ukurannya. Anda bisa memilih panjang dan lebar sesuai dengan kebutuhan pemakaian, misalnya untuk gantungan lanyard ID card hingga ke alat media promosi.

Ukuran yang Pantas dan Paling Sering Digunakan pada Gantungan Lanyard

Gantungan lanyard memiliki beberapa jenis berdasarkan teknik printing. Maka dari itu, Anda bisa menentukannya dengan kebutuhan pemakaian dan selera pemakaiannya, mulai dari lanyard printing, sablon hingga finishing karena mempunyai hasil cetak tali lanyard dan karakteristik masing-masing.

1.      Lanyard Teknik Printing

Jenis yang paling banyak Anda jumpai di pasaran adalah lanyard printing karena mampu menghasilkan warna print lebih beragam dan bervariasi. Hal ini menjadi salah satu kelebihannya sehingga sering menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Lanyard ini akan menggunakan proses printing digital.

Kelebihan dari teknik percetakan satu ini adalah mengaplikasikan banyak warna sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran berapapun. Pemilihan panjang dan lebar pun juga bukan menjadi masalah karena dapat menyesuaikan kebutuhan penggunaan mulai dari 1 cm sampai 3 cm.

2.      Lanyard Finishing

Jenis ini memiliki ukuran yang beragam mulai dari lebar 1,5 cm sampai 3 cm. Sementara untuk panjangnya adalah 80 hingga 90 cm. Tetap saja seluruh penentuannya berdasarkan kebutuhan tiap pengguna. Misalnya saja bagi peserta lomba anak-anak berbeda dengan panitia event konser musik.

Kelebihan dari gantungan lanyard dari teknik satu ini akan menghasilkan warna yang tajam dan detail pada gambar. Hal ini menjadi alasan mengapa cukup banyak orang pun sering memilih teknik percetakan satu ini ketika hendak mencetak logo, nama dan slogan perusahaan agar tampak jelas.

3.      Lanyard Printing Sablon

Cukup berbeda dengan lanyard printing yang menggunakan teknik cetak printing digital, tipe satu ini menggunakan proses manual selama pembuatannya. Apabila mengenai harganya, jenis lanyard sablon ini memang lebih terjangkau meskipun ada beberapa keterbatasan saat memilih warna.

Mengingat sifatnya yang menggunakan proses manual, tentu fleksibilitas untuk memilih warna, ukuran dan jenis juga menjadi salah sattu kekurangannya karena tidak begitu bebas. Maka dari itu, pada saat menentukan seberapa panjang dan lebarnya, pastikan menggunakan dimensi 2 x 90 cm.

Dimensi Gantungan Lanyard Menurut Perbedaan Fungsinya

Ketika lanyard Anda fungsikan untuk berbagai kebutuhan sesuatu, maka ukurannya pun juga harus sesuai dengan fungsinya masing-masing. Mengingat bahwa tali gantungan ini juga memiliki beberapa kegunaan, maka dari itu fungsinya pun juga penting diperhatikan demi menentukan cara pembelian.

1.      Gantungan ID Card

Fungsi tali lanyard untuk gantungan ID Card adalah kegunaan utamanya. Perusahaan, instansi dan lembaga-lembaga pun seringkali menggunakan cara ini demi menyeragamkan kartu identitas pegawai maupun para panitia. Tentu saja pemilihan ukurannya pun tidak boleh sembarangan demi kenyamanan

Lanyard yang berguna untuk ID Card biasanya memakai ukuran panjang 90 cm dan lebar 2 cm. Penentuan size ini bukan tanpa alasan melainkan tali gantungan ini memiliki sifat ringan sehingga tidak terasa ada beban saat menggantungkannya di leher. Jadi hal ini berhubungan dengan kenyamanan.

2.      Sebagai Aksesoris

Saat ini sudah banyak orang-orang yang memilih tali lanyard sebagai penambah aksesoris mereka. Tentu saja cara seperti ini membuat mereka harus benar-benar menyesuaikan ukurannya agar tidak mengganggu penampilan. Pastinya jika terlalu panjang tentu akan menurunkan kepercayaan diri.

Bagi Anda yang ingin menjadikan tali lanyard untuk kebutuhan aksesoris, maka ukuran paling direkomendasikan adalah lebar 3 cm. Namun jika dirasa terlalu lebar, cobalah menggunakan lebar 2 cm saja. Tentu pemilihan ini juga berdasarkan masing-masing kenyamanan dari setiap pemakainya.

3.      Sebagai Media Promosi

Tidak bisa Anda pungkiri bahwa saat ini cukup banyak perusahaan yang memanfaatkan pemakaian tali lanyard untuk media promosi. Cara ini umumnya sering terjadi di penyelenggaraan acara besar dimana brand-brand baru bermunculan demi menarik perhatian para target pasar mereka.

Untuk ukuran lanyard yang berguna sebagai media promosi, memang bisa menyesuaikan dengan kenyamanan masing-masing penggunanya. Sebagian besar mereka akan menggunakan lebar 2 cm dan panjang 9 cm. Para pegawai, sales maupun panitia memang menjadi umpan media promosi.

Harga Gantungan Lanyard Berdasarkan Ukuran

Pada umumnya, semakin besar ukuran barang membuat harganya juga kian mahal. Hal ini pun juga berlaku sama di tali lanyard custom. Namun sebenarnya panjang dan lebarnya bukan menjadi patokan utama untuk menentukan nilai jualnya melainkan juga bergantung dengan desain dan jenis cetaknya.

1.      Gantungan Lanyard Polyester Ukuran 1,5 dengan Stopper

Dengan ukuran yang cenderung kecil, umumnya menggunakan kaitan standar. dimensinya tidak begitu lebar sehingga sangat nyaman ketika Anda menggunakannya dimanapun. Namun sayangnya kemampuannya untuk menyerap keringat jadi tidak maksimal dan memiliki tekstur sedikit kaku.

Ada beberapa kisaran harga yang umumnya menjadi patokan saat memilih gantungan lanyard polyester ukuran 1,5 cm lengkap dengan stopper-nya. Misalnya untuk pemesanan 100 – 500 pcs sekitar Rp 11.500 per pcs, 500 – 1000 pcs kisaran harga Rp 11 ribu per pcs hingga di atas 5000 pcs.

2.      Gantungan Polyester Nylon Ukuran 2 cm dengan Stopper Hitam

Bagi Anda yang merasa lebih nyaman untuk menggunakan bahan nylon, maka pilih saja ukuran lebar 2 cm karena tidak terlalu pendek maupun panjang. Selain itu ada beberapa kelebihan dari material ini, misalnya saja pemakaian jadi lebih ringan karena tidak bertekstur dan mudah menyerap keringat.

Dengan pemakaian kain nilon yang minim warna, membuatnya umum memakai stopper berwarna hitam. Harga lebih mahal dari polyester sebelumnya. Beberapa harganya yakni 100 – 500 pcs kisaran harga Rp 12 ribu per pcs, 500 – 1000 pcs kisaran harga Rp 13 ribu per pcs dan lebih dari 5000 pcs.

3.      Gantungan Polyester Ukuran 3 cm dengan Stopper Hitam

Terakhir, ada juga kain polyester yang memiliki ukuran lebih lebar yakni 3 cm. dimensi seperti ini biasanya jadi pilihan bagi kebanyakan perusahaan untuk memesankan pada pegawai mereka. Salah satu tujuannya adalah agar masih memiliki perbedaan dengan klien dari perusahaan lain.

Dengan ukuran lebih lebar tentu membuat harga gantungan polyester jadi lebih mahal. Misalnya untuk pemesanan 100 – 500 pcs harga Rp 13 ribu per pcs. Sementara 500 – 100 pcs kisaran harga Rp 14 ribu per pcs hingga penawaran lebih murah jika pesanan banyak yakni Rp 12 ribu di atas 5000 pcs.

Gantungan lanyard memiliki beberapa jenis yakni tempat ID card, media promosi, kartu identitas sampai aksesoris. Ukurannya pun beragam jadi Anda harus memilih panjang dan lebarnya sendiri. Jangan lupa juga menyesuaikan teknik percetakan berdasar pemakaian baik untuk luar maupun dalam ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?