Lanyard Ukuran Berapa yang Sesuai Standar?

Tali lanyard adalah tali khusus yang berguna untuk menggantungkan berbagai barang kecil dan ringan khususnya ID card. Tidak hanya sebagai gantungan saja, biasanya juga berfungsi menjadi media promosi dan branding bagi sebuah perusahaan. Lantas lanyard ukuran berapa sesuai standar?

Ukuran Lanyard yang Sesuai Standar

Bagi Anda yang memutuskan untuk mencetak tali lanyard sendiri menggunakan desain prbadi, maka harus mengetahui berapa ukurannya agar dalam menyusunnya tidak secara asal melakukannya. Hal ini juga meminimalisir adanya objek tertutup atau tidak ikut tercetak karena kurang sesuai dimensinya.

1. Ukuran Tali Lanyard Sablon

Lanyard sablon umumnya terbuat dari bahan polyester karena memiliki pilihan warna yang beragam. Sementara teknik percetakan satu ini kurang mampu menghasilkan hasil printing secara full color sehingga diseimbangi dengan pemakaian bahan dari polyester.

Lanyard khusus untuk sablon ini memiliki lebar antara 1,5 sampai 2 cm sedangkan panjangnya kisaran 85 hingga 90 cm. Namun karena jasa percetakan perlu memotong atau melipat sedikit bagiannya, maka dimensinya bisa saja berkurang dari aslinya.

2. Ukuran Tali Lanyard Printing

Sementara tali lanyard printing bisa menggunakan kain tisue maupun polyester. Pasalnya kedua sama-sama bisa digunakan untuk teknik cetak digital printing. Sama seperti namanya, bahan tisue memiliki permukaan lembut seperti tisu pada umumnya namun tidak mudah sobek saat terkena air atau basah.

Ukuran tali lanyard printing memiliki lebar antara 2 smapai 2,5 cm sehingga lebih besar sedangkan untuk panjangnya yakni sekitar 90 cm. Ukuran kali ini sering menjadi standar karena tidak terlalu pendek ataupun panjang pada saat pengguna menggantungkannya ke leher mereka.

3. Ukuran Tali Lanyard Polos

Sementara untuk ukuran tali lanyard polos yang terjual di pasaran, ada beberapa ukuran lebar mulai dari 1 cm; 1,5 cm; 2 cm hingga 2,5 cm. Dengan begitu, para calon pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saat menggunakannya.

Bagi orang-orang yang membeli tali lanyard polos, biasanya akan mengoleksi beberapa warna sekaligus. Hal ini bertujuan agar lebih mudah pada saat mix and match dengan pilihan outfit mereka. Misalnya saja berpakaian kombinasi navy dan abu-abu, maka memilih tali lanyard berwarna grey.

4. Lanyard Finishing

Ada juga lanyard finishing yang memiliki ukuran lebar antara 1,5 hingga 3 cm. Panjangnya pun sama yakni berkisar 85 cm sampai 90 cm untuk pemakaian bahan tisu super lembut. Kelebihan bagi tali lanyard dengan tahap finishing adalah mampu menghasilkan warna lebih tajam dan gambar detail.

Pada lanyard finishing ini juga sering menggunakan bahan polyester dengan ukuran lebar 2 cm dan panjang keseluruhan 22 cm untuk selanjutnya melipatnya menjadi dua bagian. Jenis ini pun mempunyai tekstur lebih kasar sehingga perlu Anda pertimbangkan dulu karena berhubungan dengan kenyamanan

Ukuran Lanyard Berdasar Fungsi dan Penggunaan

Ukuran lanyard ternyata berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan penggunaannya masing-masing. Bagi Anda yang hendak memesan secara custom, maka perlu mengetahui apa kegunaannya untuk menentukan ukurannya, misalnya dimensi ID card atau tanda pengendal berbeda dengan promosi.

1. Untuk ID Card

Pertama, fungsi utama dari tali lanyard memang menjadi tempat ID Card. Banyak perusahaan memilih alat ini untuk memberikan identitas tambahan bagi seluruh karyawannya. Namun di balik pemakaian itu semua, ukuran lanyard ID card tidak bisa terpilih secara sembarangan karena memiliki standarnya.

Lanyard yang berfungsi untuk ID card biasanya akan menggunakan ukuran 2 cm dan panjang 85 – 90 cm. Pemilihan dimensi tersebut bukan tanpa alasan melainkan karena sifatnya cukup ringan sehingga tidak ada beban ketika pengguna menggantungkan barang-barang seperti HP dan kartu ID.

2. Untuk Media Promosi

Lanyard adalah salah satu alat yang juga menjadi media promosi namun masih belum banyak orang mengetahuinya. Cara ini memang sering jadi andalan bagi beberapa perusahaan atau event organizer guna memperkenalkan brand mereka melalui ID card dan juga lanyard oleh setiap karyawannya.

Untuk setiap ukuran lanyard dalam kebutuhan media promosi pun sangat beragam tergantung dengan besar ID card dan juga fungsinya. Namun sebagian besar perusahaan akan memakai ukuran panjang maksimal 90 cm dan lebar antara 1,5 hingga 2 cm tergantung selera masing-masing penggunanya.

3. Untuk Aksesoris

Tidak hanya berguna sebagai ID card saja, nyatanya tali lanyard saat ini sudah menjadi pelengkap fashion bagi kebanyakan orang. Terlebih jika mereka sudah mulai menggantungkan barang pribadi yang berukuran kecil seperti HP, card holder hingga vape sekalipun sehingga terasa lebih praktis.

Dengan begitu, lanyard pun beralih fungsi menjadi aksesoris. Jika Anda tertarik untuk menggunakan sebagai pelengkap outfit sehari-hari, cobalah menggunakan ukuran panjang 90 cm agar terasa pas saat menggantungkan ke leher. Selain itu gunakan lebar cukup 2 cm saja sehingga tidak terlalu besar.

Prinsip Layout Ukuran Lanyard

Ketika sedang menentukan desain lanyard, layout ukuran adalah hal paling penting yang perlu Anda perhatikan sehingga terasa lebih nyaman saat melihatnya. Karena jika mengabaikannya, maka bisa saja memperburuk penampilan karena ukurannya tidak sesuai.

1. Ukuran Tali

Ketika sedang menentukan desain lanyard, maka ukuran lanyard perlu Anda perhatikan. Hal ini karena ikut berpengaruh secara langsung pada saat lanyard nantinya dicetak. Apabila terjadi adanya kesalahan dalam penentuan panjang dan lebarnya, tentu membuat hasil visualnya jadi kurang sesuai.

Pada umumnya, ukuran tali lanyard sendiri memiliki lebar antara 1,5 cm sampai 2 cm sedangkan untuk panjangnya yakni maksimal 90 cm. Jangan menggunakan tali dengan panjang lebih dari 90 cm karena terasa begitu berlebihan pada saat Anda menggantungkannya ke leher.

2. Desain dan Konsep

Untuk keperluan menyusun layout dari lanyard, tidak hanya memperhatikan ukuran saja namun juga perlu mempertimbangkan desain dan konsepnya. Hal ini bertujuan agar hasil akhirnya tetap sesuai dengan keinginan penggunanya.

Tidak hanya itu saja, penentuan konsep ini pun juga menjadi sebuah acuan pada saat menentukan ukuran layout lanyard. Jadi harus bisa menyeimbangkan antara semua unsur baik dari desain, dimensi hingga pemilihan warnanya.

3. Keseimbangan

Prinsip berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan desain lanyard adalah unsur keseimbangan. Istilah ini memang penting pada dunia desain dengan tujuan untuk membuat ssemua elemen menyatu dan seimbang.

Mulai dari pemilihan gambar, warna, bentuk sampai ke ukuran untuk mencapai hasil yang serasi dan saling melengkapi. Hal ini pun bertujuan agar hasil cetaknya tidak terlihat berantakan terutama secara visualnya.

Ada berbagai lanyard ukuran yang bisa Anda tentukan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selain itu juga tidak boleh sembarangan dalam memilih panjang dan lebar karena sangat berpengaruh dengan hasil visualnya. Terutama jika pengguna menjadikannya sebagai pelengkap fashion sehari-hari.