Sesuai Kebutuhan, Pilih Lanyard Ukuran yang Sesuai

Lanyard merupakan tali untuk menggantung ID card, dompet, card holder, maupun HP. Berbagai model bisa menjadi pilihan tergantung pada selera masing-masing. Namun, ada berapa saja kah pilihan lanyard ukuran yang tepat?

Inilah Lanyard Ukuran

Pemilihan ukuran harus sesuai dengan tujuan pembuatan, kebutuhan pengguna, berat benda yang menggantung, hingga estetika penggunaannya. Maka dari itu pemesan lanyard harus mengetahui mengenai pilihan lanyard dalam berbagai ukuran sebelum proses pemesanan.

1.      Ukuran Lanyard Sablon

Bahan polyester merupakan bahan terbaik untuk menjadi dasar teknik sablon pada lanyard. Hal ini karena bahan polyester bisa memberi warna sesuai desain meskipun terbatas. Lanyard ukuran lebar 1,5 cm hingga 2 cm ini memiliki panjang 85 cm sampai 90 cm.

Pada proses sablon ini panjang tali lanyard akan dilipat dan dipotong. Proses ini lah yang membuat hasil akhir tali lanyard berukuran panjang kurang dari 85 cm. maka dari itu sebaiknya pemotongan bahan awal lebih dari 85 cm.

2.      Ukuran Lanyard Polos

Menjadi tali lanyard yang paling banyak peminatnya, lanyard polos mampu memberi kesan simpel namun elegan pada penggunanya. Karena polos, maka ukuran dari tali lanyard ini lebih kecil dari jenis lanyard sablon ataupun lanyard printing.

Tali lanyard polos ini memiliki pilihan ukuran yang beragam. Dengan panjang standard kurang lebih 85 cm sampai 90 cm, ada tiga pilihan lebar untuk pembeli. Ketiga pilihan itu adalah 1 cm, 1.5 cm, atau 2 cm. pemilihan lebar tergantung pada kebutuhan dan keinginan pembeli.

3.      Ukuran Lanyard Printing

Teknik ini menciptakan hasil sangat sempurna dan memuaskan. Warna desain akan sangat tajam meskipun terdapat detail rumit sekalipun. Dalam pemilihan cara cetak ini, ada dua bahan yang bisa menjadi pilihan bahan dasarnya, yaitu bahan tissue dan bahan polyester.

Kedua bahan yang merupakan lanyard ukuran 85 cm untuk panjangnya ini, memiliki lebar yang berbeda. Untuk bahan polyester kurang lebih 2 cm, sedangkan untuk bahan dasar kain tissue memiliki lebar 2 cm hingga 2,5 cm.

4.      Lanyard Sebagai Hiasan

Salah satu fungsi tali lanyard adalah sebagai hiasan. Umum sebagai alat gantung ID card atau name tag, saat ini banyak orang menggunakan tali lanyard untuk hiasan HP, gantungan, dompet, hingga card holder. Selain karna estetika, menggantung barang tersebut di leher akan terasa praktis.

Pada kegunaan ini, sebaiknya lanyard memiliki ukuran cukup besar, yaitu panjang 90 cm dengan lebar 3 cm. Selain karena beban dari barang yang menggantung, apabila terdapat desain di permukaannya maka desain itu akan lebih tajam dan bagus.

5.      Lanyard Sebagai Media Promosi

Saat mengadakan suatu acara, penyelenggara kerap memakai tali lanyard dengan imbuhan logo dan nama instansi di atasnya. Hal ini memiliki tujuan agar peserta acara mengenal benda atau hal apa yang ditawarkan pada acara tersebut.

Selain itu, tali lanyard akan memudahkan pserta untuk menemukan panitia. Lanyard ukuran 90 cm untuk panjangnya dan 2 cm lebarnya ini sering menjadi salah satu media pemenuhan promosi. Ukurannya pun menyesuaikan dengan beban dan besar ukuran benda yang menggantung.

6.      Lanyard Sebagai Penggantung Name Tag

Sepertinya fungsi lanyard satu ini sudah sangat umum ditemukan. Berbagai perusahaan, organisasi, lembaga, hingga instansi kerap menggunakan lanyard untuk menggantungkan name tag anggotanya. Maka dari itu ukuran lanyard tidak boleh sembarangan karena akan merusak estetika.

Karena beban gantungnya yang ringan, tali lanyard untuk name tag ini hanya berukuran lebar 2 cm dengan panjang rata-rata, yaitu 2 cm. ukuran ini akan membantu name tag agar mudah terbaca dengan tetap menunjang penampilan penggunanya.

7.      Ukuran Desain Lanyard 1,5 cm

Memiliki lebar terkecil daripada tali lain, lanyard ukuran ini justru paling banyak diminati karena mampu memberi kesan elegan dan simpel saat pemakaian. Lanyard ini menggunakan bahan dasar polyester yang hanya bisa memiliki desain di satu sisi saja.

Ukuran desain pun tidak sembarangan. Pada tali lanyard ukuran 1,5 cm ini sebaiknya desain hanya sepanjang 85 cm sampai 90 cm dengan lebar desain 1 cm sampai 1,3 cm. ketentuan ukuran ini menghindari proses pemotongan dan finishing nantinya.

8.      Ukuran Desain Lanyard 2 cm

Selanjutnya, lanyard dengan lebar 2 cm ini biasa menggunakan polyester maupun tissue sebagai bahan dasarnya. Dengan bahan tissue desain bisa ada di kedua sisi tali, namun pilihan polyester hanya bisa memberi desain di salah satu sisi saja.

Desain pada ukuran tali ini hanya berkisar 90 cm untuk panjangnya dan 1,5 cm sampai 1,8 cm saja untuk lebarnya. Sengaja lebih kecil dari lebar tali karena diharapkan tidak terpotong saat proses pemotongan.

9.      Ukuran Desain Lanyard 2,5 cm

Berbeda dengan kedua ukuran di atas, pada ukuran ini desain dapat memiliki ukuran maksimal sama dengan ukuran tali lanyard. Hal ini karena tali lanyard dengan lebar 2,5 cm bagus untuk cetakan dengan gambar, motif, desain, logo, maupun tulisan di atasnya.

Dengan memakai bahan tissue, kedua sisi dapat mencetak desain dengan hasil halus, tajam, sempurna, dan tahan lama. Dengan ukuran desain sama, maka saat proses pencetakan hasil cetak tidak pecah ataupun buram.

Itulah sedikit informasi mengenai lanyard ukuran. Ada baiknya seseorang mengetahui berbagai pilihan ukuran lanyard sebelum memesan tali lanyard. Hal ini berguna supaya hasil tali lanyard sesuai harapan dan tidak mengecewakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?