Tali Lanyard Polyester, Apa Bedanya dengan Tali Lanyard Tissue?

Perlu Anda tahu bahwa dua bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan tali lanyard adalah tali lanyard polyester dan tissue. Tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga harus diketahui terlebih dahulu sebelum memilihnya saat hendak memesan.

Jenis Bahan-Bahan Tali Lanyard

Ada beberapa bahan tali lanyard yang perlu Anda tahu sebelum memesannya. Tentunya ada banyak pertimbangan bagi para pemesan saat hendak melakukan pemesanan, mulai dari ukuran, tingkat kenyamanan dan lain sebagainya.

1.      Bahan Polyester

Material pertama yang sering menjadi bahan tali lanyard adalah polyester. Kain sintetis ini memang paling banyak peminatnya. Salah satu alasan utamanya ialah karena harganya lebih terjangkau daripada kain tissue.

Beberapa sifat dari bahan polyester adalah tahan air, kuat, tahan lama dan tidak gampang kusut dan melar meski Anda sudah menggunakannya cukup lama. Tentu saja hal ini jadi alasan bagi para pelanggan ketika memilih material polyester.

2.      Bahan Nilon

Bahan lain yang juga sering menjadi material dari tali lanyard adalah nilon. Mungkin saja Anda sudah pernah melihat tali lanyard nilon di toko alat tulis karena tersedia dalam berbagai warna. Tekstur dan tampilannya hampir mirip seperti polyester.

Sayangnya, warna dari bahan nilon ini memang lebih mudah pudar namun daya serapnya tinggi. Selain itu juga memiliki permukaan mengkilap serta terasa ringan dan kuat ketika Anda menggantungkannya ke leher.

3.      Bahan Tisue

Bahan berikutnya yang mungkin juga sering menjadi pilihan bagi pembuatan lanyard adalah adalah tissue. Mungkin saja banyak orang berpikir jika material ini terbuat dari tisue pada umumnya namun nyatanya tidak.

Bahan tisue satu ini memang memiliki tekstur hampir sama seperti tisu wajah sehingga terasa lebih lembut saat Anda menggunakannya. Selain itu juga mampu menghasilkan warna yang tajam dan detail dengan metode digital printing.

4.      Bahan Kulit

Terakhir adalah bahan kulit yang mampu memberikan eksistensi dari penggunanya. Mungkin saja material ini belum begitu banyak di pasaran namun tidak kalah populer jika Anda bandingkan dengan bahan-bahan lainnya.

Mengingat bahwa bahan kulit memang lebih awet dan kuat sehingga pemakaian tali lanyard kulit bisa Anda gunakan dalam kurun waktu lama. Penggunanya akan mendapatkan kesan lebih mewah dan elegan saat menggunakannya.

Mengenal Tali Lanyard Polyester

Tali lanyard memang terbuat dari berbagai bahan termasuk juga polyester. Biasanya orang-orang menggunakannya untuk gantungan ID card. Namun seiring dengan desainnya kian berkembang, lanyard tidak hanya semata sebagai tali gantungan saja melainkan juga media promosi perusahaan.

Seperti ulasan sebelumnya bahwa tali lanyard memang kebanyakan dari material polyester. Banyak orang memilih bahan ini karena beberapa alasan seperti awet, kaku, tahan air, lebih tahan lama, tidak gampang kusut dan paling penting adalah tidak mudah melar meski sudah lama menggunakannya.

Dengan beberapa alasan tersebut, Anda pun bisa menjadikannya sebagai pertimbangan saat hendak menentukan bahan terbaik untuk pembuatan tali lanyard. Maka dari itu, perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu terutama menyesuaikan dengan kenyamanannya.

Keunggulan Tali Lanyard Polyester

Ada beberapa alasan dari orang-orang pada saat mereka memilih bahan polyester dalam pembuatan tali lanyard. Mengingat bahwa saat ini pemakaiannya juga meningkat tentu secara tidak langsung juga meningkatkan ragam desainnya di pasaran. Lantas apa saja keunggulannya? Berikut ulasannya:

1.      Dapat Dicetak Sablon atau Digital Printing

Keunggulan utama dari tali lanyard polyester jika Anda bandingkan dengan bahan tissue adalah dari metode percetakannya. Untuk polyester sendiri memang lebih fleksibel karena dapat menggunakan teknik cetak tali lanyard baik sablon maupun digital printing. Lain halnya pada tissue hanya bisa full printing saja.

Untuk itu, ketika Anda memilih tali polyester, cobalah bandingkan hasilnya ketika menggunakan metode cetak sablon atau digital printing. Tentu saja keduanya juga sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, misalnya menghasilkan warna lebih tajam pada hasil digital printing.

2.      Mudah Menyerap Air

Tali lanyard polyester mudah sekali menyerap air dan keringat. Hal ini menjadi solusi ketika Anda memiliki banyak aktivitas di luar ruangan sehingga cenderung berkeringat. Maka pemilihan tali lanyard dari bahan polyester adalah pilihan paling tepat karena tidak mudah membuat panas dan gerah.

Selain itu, dengan sifat tali lanyard polyester yang mudah menyerap air, mengharuskan Anda untuk berhati-hati saat sedang makan dan minum. Pasalnya bahan ini memang sulit ketika sedang membersihkannya terlebih saat terkena noda minyak, makanan dan minuman.

3.      Ramah Lingkungan

Menariknya lagi, polyester ternyata menjadi bahan yang mudah untuk Anda daur ulang. Hal ini menunjukkan jika material tersebut bersifat ramah lingkungan. Maka dari itu, tidak ada alasan lain jika tidak memilih bahan polyester dalam pembuatan tali lanyard.

Namun bukan berarti Anda bisa membuang bekas lanyard dari bahan polyester secara sembarangan. Tetap simpan dengan baik dan buanglah di tempat sampah jika memang sudah tidak menggunakannya lagi. Namun sebenarnya bahan satu ini lebih awet dan tahan lama daripada kain tissue.

4.      Harga Lebih Terjangkau

Tidak kalah menariknya adalah harga harga dari lanyard polyester ini memiliki harga lebih terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemesanan dalam jumlah banyak sekaligus tanpa harus takut jika membuat biaya pembuatannya terasa semakin mahal.

Hal ini menjadi sebuah solusi ketika acara kepanitiaan dari para mahasiswa dan pelajar hendak membuat tali lanyard. Tentu saja mereka akan mencari bahan dengan harga lebih murah sehingga memilih lanyard polyester adalah pilihan paling tepat.

5.      Tidak Gampang Melar

Hal ini menjadi alasan mengapa bahan polyester memang lebih awet jika Anda bandingkan dengan kain tissue. Pasalnya material satu ini tidak mudah melar meskipun penggunanya sudah memakainya dalam waktu lama sehingga tidak gampang rusak dan tetap tahan lama.

Selain itu, sifat ini juga dikarenakan ikatan antar seratnya yang rapat dan padat dalam setiap bahannya. Maka dari itu, jangan pernah ragu jika hendak memilih bahan ini terlebih jika memang digunakan sebagai kartu identitas bagi kalangan pegawai dan karyawan di perusahaan besar.

6.      Warna Tidak Mudah Pudar

Anda tidak perlu khawatir jika warna dari tali lanyard ini mudah sekali pudar dan luntur. Pasalnya dengan ikatan yang rapat membuat bahan polyester juga tidak gampang sekali rusak dimakan usia. Terlebih jika menggunakan metode percetakan digital printing dengan warna lebih bervariasi.

Dengan warna yang bervariasi, tentu membuat pemilihan bahan polyester dan teknik cetak print tali lanyard digital printing menjadi solusi paling tepat bagi Anda. Pemesan seperti ini biasanya berasal dari kalangan kepanitian event konser musik karena harus berada di luar ruangan namun dalam waktu singkat saja.

Ada beberapa bahan dari tali lanyard dengan karakteristik mereka masing-masing termasuk juga tali lanyard polyester. Maka dari itu, jangan terburu-buru untuk memilih sebelum memahami apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?