Berikut Beberapa Ukuran Desain Tali ID Card

Jasa penyedia tali lanyard tidak hanya menyediakan penjualan tali ID card saja, namun juga menawarkan jasa pembuatan lanyard sesuai permintaan khusus. Selain menentukan ukuran lanyard, warna, dan metode cetak, ukuran desain tali ID card perlu diperhatikan.

Mengenal Ukuran Desain Tali ID Card

Menentukan ukuran desain tali lanyard perlu menyesuaikan dengan ukuran lanyard agar tidak pecah maupun terpotong hasil akhirnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus menjadi pertimbangan dalam mendesain tali ID card.

1.      Kegunaan Tali Lanyard

Pada umumnya lanyard memang berguna untuk menggantung ID card maupun tanda pengenal lain. Namun ternyata ada banyak kegunaan tali lanyard lain. Mengetahui kegunaan tali lanyard akan membantu menyusun ukuran desain tali ID card dengan tepat.

Tali lanyard sebagai ID card dengan tali lanyard sebagai aksesoris tentu memiliki ukuran berbeda. Bedanya ukuran lanyard akan membedakan ukuran desainnya pula. Berikut ini beberapa kegunaan tali lanyard selain untuk ID card.

  • Souvenir

Pada berbagai acara workshop, seminar, ataupun suatu pembekalan, tak jarang peserta mendapat tali lanyard untuk digunakan selama acara berlangsung. Baik peserta maupun panitia menggunakan lanyard dengan desain sedikit berbeda untuk menjadi pembeda.

Lanyard tersebut dapat dibawa pulang dan menjadi souvenir khusus. Pada permukaan lanyard itu lah terdapat logo, nama, maupun tulisan mengenai acara yang akan mengingatkan peserta pada acara tersebut saat acara sudah berakhir.

  • Gantungan Flash Disk

Kecilnya ukuran flash disk tentu membuatnya mudah hilang.  Menumpuknya suatu pekerjaan akan menurunkan ketelitian seseorang sehingga letak benda ini terlupakan. Karena itulah tali lanyard dapat menjadi solusi sempurna.

Tali lanyard berguna untuk menggantung dan menjaga kemungkinan hilangnya flash disk. Caranya adalah dengan menggantung flash disk di leher atau tempat yang mudah dilihat. Saat flash disk tengah diperlukan, pemilik tidak perlu kesusahan untuk menemukannya.

2.      Ukuran Desain Pada Lanyard

Ukuran panjang dan lebar tali lanyard tentu mempengaruhi ukuran desainnya juga. Pada beberapa ukuran lanyard, ukuran desain dapat dibuat sama. Namun pada sebagian ukuran lain, desain harus memiliki ukuran lebih kecil.

Penentuan ukuran desain ini memiliki tujuan agar hasil cetak tidak pecah maupun terpotong. Ukuran desain yang terlalu kecil akan pudar saat dicetak. Begitu pula pada desain terlalu besar dapat terpotong saat proses finishing.

3.      Lanyard Ukuran 1,5 cm

1,5 cm menjadi ukuran lebar paling kecil. Meski begitu, jenis lanyard ini paling banyak diminati karena modelnya yang simpel namun dapat memberi kesan elegan saat pemakaian. Kebanyakan polos, namun desain tetap bisa ada di salah satu sisinya saja.

Ukuran desain tali ID card pada jenis ini sangat terbatas, selain hanya bisa di satu sisi, ukurannya pun hanya 1 cm sampai 1,3 cm. Ukuran ini akan membuat desain terlihat pas tanpa terlalu mepet dengan pinggiran lanyard.

  • Lanyard Ukuran 2 cm

Ada dua pilihan bahan untuk membuat lanyard ukuran ini, yaitu tissue dan polyester. Bahan dasar tissue memiliki struktur halus dan rapat yang membuat kedua sisi permukaannya bisa dicetak desain. Berbeda dengan polyester.

Bahan polyester memiliki desain kasar dan tidak terlalu rapat sehingga desain hanya bisa di satu sisi saja. Ukuran desain untuk lanyard ini pun terbatas hanya pada 90 cm panjangnya dan 1,5 cm sampai 1,8 cm untuk lebarnya.

  • Lanyard Ukuran 2,5 cm

Lanyard dengan lebar 2,5 cm dan panjang 90 cm sangat cocok sebagai aksesoris. Ukuran ini akan menawarkan hasil desain tajam dan tahan lama karena menggunakan bahan dasar tissue. Penggunaan metode cetak printing juga mendukung hasil sempurna pada lanyard.

Menonjolkan desain, ukuran desain tali ID card pada lanyard ini bisa maksimal seukuran panjang dan lebar tali. Hal ini karena gambar tidak akan pecah maupun buram. Kualitas warna tajam dan berkualitas pada lanyard ini membuat penggunaannya awet untuk jangka waktu lama.

4.      Tips Menentukan Ukuran

Ukuran desain tali ID card tidak bisa sembarangan. Salah membuat ukuran desain akan berdampak pada hasil cetakan yang mengecewakan. Selain itu, penggunaan lanyard dengan ukuran tidak tepat akan membuat tidak nyaman saat pemakaian.

Dengan mengetahui tujuan pembuatan, memperhatikan berat ID card yang akan menggantung, dan menyiapkan logo maupun tulisan untuk permukaan lanyard, maka tali ID card akan memuaskan. Berikut ini beberapa tips untuk menentukan ukuran desain tali ID card.

  • Ketahui Tujuan Pembuatan

Beda tujuan maka beda ukuran lanyard. Apabila tali lanyard akan menjadi gantungan ID card atau card holder, maka luasnya tidak perlu terlalu lebar. Namun apabila lanyard bertujuan untuk menggantung HP maka untuk menanggung bebannya perlu luas yang lebih.

Setelah menentukan tujuan pembuatan dan memilih ukuran tali lanyard, maka dapat mulai proses penyusunan desain. Ukuran desain tali ID card juga menjadi bagian dari susunan desain. Keduanya berkaitan erat karena saling berhubungan.

  • Ketahui Luas ID Card

ID card memiliki luas beragam sesuai dengan jenis kartunya. ID card KTP memiliki panjang 85.6 mm dengan lebar 53.98 mm. sedangkan kartu tanda pengenal perusahaan biasanya menggunakan ukuran 90 mm x 55 mm atau 80 mm x 53 mm.

Semakin luas ID card, maka ukuran lebar tali lanyard juga akan semakin luas. Hal ini berhubungan dengan kekuatan tali dalam menanggung beban ID card. Ukuran lebar tali lanyard akan sangat berpengaruh pada ukuran desain tali lanyard.

  • Sesuaikan Logo dan Tulisan

Perusahaan maupun institusi kerap menaruh logo dan nama identitas mereka pada permukaan tali lanyard. Peletakan logo dan nama tersebut harus memperhatikan luas desain lanyard. Apabila terlalu besar maka ada kemungkinan terpotong, sedangkan jika terlalu kecil akan pecah.

Ukuran desain tali ID card juga harus sesuai dan memuat seluruh logo, nama, dan tulisan yang hendak tercantum. Selain itu, pemilihan warna akan mempengaruhi visual hasil tali. Maka dari itu pastikan memilih warna dan ukuran logo dengan sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?