Apakah Lanyard Termasuk Produk Fast-Moving?
  • Mei 30, 2025
  • Admin LanyardKilat by Admin LanyardKilat
  • Artikel

Banyak orang mungkin tidak terpikir bahwa lanyard memiliki daya tarik tersendiri dalam industri percetakan atau bahkan merchandise buat kantor dan acara perusahaan.

Meski lanyard itu terlihat sederhana, permintaan lanyard ternyata cukup tinggi. Terlebih lagi jika ada suatu event besar atau kebutuhan mendadak di kantor pemerintahan.

Hal ini langsung memicu pertanyaan di benak khalayak umum, apakah lanyard tergolong produk fast-moving seperti makanan dan minuman? Yuk kupas tuntas bersama-sama.

Apa Itu Produk Fast-Moving?

Produk fast-moving atau yang sering disebut sebagai Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) adalah jenis barang konsumsi yang habis terjual dalam waktu singkat. Karakter utama produk fast-moving biasanya;

  • Harga terjangkau
  • Sering dibeli ulang
  • Kebutuhan rutin
  • Distribusi sangat luas

Contoh produk fast-moving yang akrab di keseharian kita, antara lain;

  • Makanan ringan dan minuman kemasan
  • Produk kebersihan (sabun, sampo, dan pasta gigi)
  • Barang kebutuhan rumah tangga (tisu, deterjen, dan lain-lain)
AspekFast-MovingNon Fast-Moving
HargaRelatif murahBisa lebih mahal
Kecepatan habisCepat habis, dibeli ulangLebih lama habis
KebutuhanRutin (sehari-hari)Terkadang, musiman
Contoh produkMinuman, sabun, snackTas, sepatu, elektronik

Baca Juga: Apakah Lanyard Bisa Digabungkan dengan Gantungan Acrylic?

Lanyard itu Produk Fast-Moving atau Bukan?

Jika Anda lihat secara sekilas, lanyard memang tidak habis digunakan seperti sabun atau makanan. Namun, permintaan lanyard ternyata stabil dan muncul berulang kali, terutama saat;

  • Perusahaan melakukan rebranding
  • Ada event besar seperti seminar, workshop, atau pameran
  • Sekolah, kampus, dan instansi memerlukan identitas baru
  • Komunitas ingin menampilkan logo mereka secara resmi

Meskipun lanyard tidak menjadi kebutuhan sehari-hari, pola pembeliannya kerap berulang dalam konteks tertentu. Inilah yang membuat lanyard tidak sepenuhnya termasuk fast-moving, namun memiliki karakteristik 'seperti' fast-moving di segmen tertentu.

Bagaimana Posisi Lanyard dalam Pasar?

Lanyard dapat dikategorikan sebagai produk slow-moving dengan potensi permintaan stabil. Ini artinya, lanyard tidak cepat habis atau rusak, tetapi banyak dibutuhkan dan masih sering dipesan ulang.

Beberapa faktor lain yang mendukung posisi unik lanyard dalam pasar antara lain;

1. Kustomisasi Tinggi

Ya, sekarang ini desain lanyard bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pemilik lanyard sekarang ini lebih memilih lanyard custom daripada lanyard biasa.

2. Segmentasi Pasar Luas

Lanyard dipakai oleh semua kalangan dan segmen. Ada pula orang-orang menggunakan lanyard untuk keperluan di kantor maupun pelengkap identitas untuk kegiatan KKN kampus.Bahkan, pemerintah pun sekarang sudah tertarik menggunakan lanyard custom.

3. Harga Terjangkau

Harga lanyard yang relatif murah membuatnya terjangkau untuk berbagai kalangan. Pemerintah dan perkantoran pada umumnya lebih memilih lanyard daripada atribut lainnya.

4. Produksi Massal

Biasanya dipesan dalam jumlah besar, sehingga vendor percetakan lanyard bisa memproduksi cepat saat ada banyak permintaan.

Data Permintaan Lanyard di Pasar Indonesia

Berdasarkan data dari Asosiasi Pengusaha Percetakan Indonesia (APPI), sekitar 65% pemesanan lanyard dilakukan oleh perusahaan dan institusi pendidikan. Sisanya 35% berasal dari komunitas dan event organizer.

Dengan adanya angka seperti ini menunjukkan bahwa meski tidak tergolong ke dalam kategori fast moving, lanyard punya ceruk pasar yang luas dan cenderung stabil dari tahun ke tahun.

Potensi Pengembangan Lanyard

Buat yang belum tahu saja, lanyard itu akan terus menerus mengalami perkembangan. Lampau, lanyard itu hanya berbahas dasar polyester biasa saja, tetapi kini sudah banyak pilihannya, mulai dari satin, nylon, bahkan lanyard kulit).

Bahkan, vendor Lanyardkilat sudah berhasil menyediakan finishing printing digital full color yang akan menciptakan lanyard menarik dan elegan.

Lanyard Tetap Jadi Primadona di Segmennya!

Meski tidak sama persis dengan produk fast-moving seperti makanan, lanyard tetap memiliki permintaan yang berulang, terutama di kalangan organisasi dan perusahaan.

Kondisi tersebut menjadikan lanyard sebagai produk slow-moving yang tetap memiliki peluang pesanan berulang, mirip dengan karakteristik produk fast-moving. Karena kebutuhan lanyard selalu muncul kembali, terutama jika vendor percetakan mampu menyediakan desain berkualitas.

Salah satu vendor yang sering mendapatkan pesanan luar biasa banyak hingga 10.000 pcs perhari, yakni Lanyardkilat. Anda penasaran dengan vendor ini? Inign cetak ribuan lanyard dalam sekejap? Yuk hubungi;

  • Nomor WA: 0813-1650-9191
  • Alamat Email:contact@lanyardkilat.com
  • Instagram: @lanyardkilat.official
  • TikTok: @lanyardkilatofficial
Share:
Admin LanyardKilat
Author

by Admin LanyardKilat