Bahan Tissue Lanyard, Apa Perbedaan dengan Polyester?

Bagi Anda yang sudah sering memesan tali lanyard untuk gantungan ID card maupun benda kecil lainnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan tissue lanyard. Namun apa sebenarnya perbedaannya dengan polyester? Pastinya hal ini menjadi pertimbangan saat memilih keduanya.

Mengenal Bahan Tissue Lanyard

Tali lanyard dengan bahan tissue adalah tali gantungan ID card yang terbuat dari kain tissue. Bahan satu ini sebenarnya bukan kain dari tissue namun memiliki sifat mirip seperti tissue sungguhan sehingga orang-orang menyebutnya tali lanyard tisue.

Bahan tissue memiliki warna dasar putih susu yang sama seperti tissue. Permukaannya halus sehingga hampir mirip layaknya tisue wajah. Hal ini menjadikan material ini terasa nyaman ketika pengguna mengenakannya. Maka dari itu, bahan ini lebih cocok jika Anda memiliki kulit sensitif.

Bahan tissue memiliki pori-pori yang banyak sehingga mudah menyerap air. Namun dengan sifat tersebut tidak membuatnya mudah sobek saat terkena keringat. Teksturnya seperti kain pada umumnya, Anda bisa mencuci, mengeringkannya lagi jika ingin menggunakannya kembali.

Perbedaan Bahan Tissue Lanyard dengan Polyester

Ada beberapa perbedaan antara bahan tissue dengan polyester yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan saat memilih antara keduanya. Tentunya masing-masing bahan tersebur memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Berikut ini contoh karakteristiknya:

1.      Permukaan Bahan Tissue Lanyard Lebih Halus

Bagi Anda yang memiliki kulit cenderung sensitif, maka lebih baik untuk menggunakan bahan ini. Pasalnya permukaan bahan satu ini memang mempunyai tekstur lebih halus dan serat kain cenderung kecil-kecil. Hal ini membuat penggunanya pun tetap merasa nyaman saat memakainya.

Lain halnya dengan permukaan bahan polyester pada tali lanyard yang memiliki tekstur sedikit keras dan kasar. Meskipun masih nyaman untuk Anda menggunakannya, namun bagi sebagian besar orang mereka merasa sering gatal dan tidak enak saat memakainya sehingga lebih memilih bahan tissue.

2.      Bahan Tissue Lanyard Hanya untuk Digital Printing

Bagi Anda yang hendak memesan tali lanyard dengan bahan tissue, maka satu-satunya metode percetakan adalah digital printing karena tidak bisa menggunakan teknik cetak lainnya. Maka dari itu, sebelum melakukan pemesanan, ketahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya dulu.

Lain halnya pada bahan polyester yang bisa menggunakan metode percetakan antara digital printing dan sablon. Meskipun begitu, material satu ini tidak dapat menghasilkan banyak warna meski lebih fleksibel dalam teknik percetakannya. Jadi cobalah untuk tetap memilih bahan tissue lanyard.

3.      Daya Serap Bahan Tissue Lanyard yang Tinggi

Salah satu kelebihan dari bahan ini adalah memiliki daya serap lebih tinggi. Maka dari itu, material satu ini cocok jika Anda gunakan ketika mempunyai banyak aktivitas di luar ruangan. Tentunya keunggulan ini mampu menyerap keringat saat berkegiatan secara outdoor di bawah terik matahari.

Dengan sifatnya yang seperti ini, tentu sangat nyaman ketika Anda menggunakannya. Maka dari itu, perhatikan kembali pemilihan bahan berdasarkan fungsi pemakaian. Jika memang lebih banyak berkegiatan di luar ruangan, cobalah untuk memilih bahan tissue karena daya serap keringat tinggi.

4.      Warna Dasar Bahan Tissue Lanyard Hanya Putih Susu

Beda dengan bahan polyester yang memiliki warna dasar lebih bervariasi. Namun sebenarnya dari metode percetakan khusus untuk bahan tissue yakni digital printing mampu membuat hasil akhirnya lebih full color. Hal ini menjadi salah satu keungulannya karena menghasilkan tampilan jadi menarik.

Jadi meskipun warna dasar dari bahan ini hanya tersedia dalam warna putih saja, namun Anda masih bisa membuatnya terasa menarik setelah melewati proses percetakan. Tidak heran jika lebih banyak perusahaan yang memesan pada bahan ini agar media branding mereka tampak unik.

5.      Detail Cetakan Bahan Tissue Lanyard Lebih Jelas

Menariknya lagi, hasil cetakan pada bahan ini memang terlihat lebih jelas ketika Anda membandingkan pada bahan polyester. Hal ini karena pori-porinya sangat rapat sehingga memiliki detail pada semua komponen cetaknya mulai dari gambar, logo hingga slogan pada tali lanyard.

Hal ini menjadi alasan mengapa banyak orang justru memilih bahan tissue saat mereka memiliki desain yang cukup rumit. Misalnya saja logo perusahaan dengan beberapa detail kecil tentunya akan terasa sulit ketika Anda menggunakan material polyester untuk mencetaknya.

6.      Harga Tali Lanyard Tissue Lebih Mahal

Dengan beberapa kelebihan yang lebih banyak daripada bahan polyester, membuat harganya juga jadi lebih mahal. Namun jangan khawatir, ketika Anda memesannya dalam jumlah banyak, tentu membuat tempat percetakan lanyard akan memberikan sedikit potongan harga.

Tentunya bukan jadi masalah ketika Anda mengeluarkan uang cukup banyak namun mendapatkan kualitas seperti bahan tissue pada tali lanyard. Mulai dari tekstur halus, hasil cetak lebih detail, daya serap air dan keringat tinggi sehingga membuatnya juga tahan lama dalam beberapa bulan.

7.      Bahan Tissue Lanyard Butuh Waktu Lebih Lama untuk Mengeringkan

Dengan sifatnya yang mudah menyerap air membuat bahan ini memang membutuhkan waktu lama untuk mengeringkannya. Jadi ketika Anda hendak mencucinya, pastikan melakukannya di akhir minggu atau saat liburan sehingga meminimalisir lanyard tidak kering saat hari kerja.

Mengingat bahwa saat ini banyak pekerja atau pegawai yang menggunakan produk buatan jasa cetak tali lanyard sebagai pelengkap ID card. Jadi disarankan bagi mereka jika ingin mencucinya, lebih baik pada saat waktu liburan atau di akhir minggu demi meminimalkan resiko tali tidak kering.

8.      Bahan Tissue Lanyard Lebih Mudah untuk Membersihkan

Kelebihan lain dari bahan ini adalah lebih mudah untuk membersihkannya. Hal ini karena sifatnya memang gampang menyerap air sehingga Anda tidak akan kesulitan pada saat mencucinya hanya menggunakan air.

Lain halnya jika Anda membandingkannya dengan tali polyester yang meninggalkan bekas saat terkena noda minyak, minuman manis atau cairan apapun. Maka dari itu, lebih berhati-hati apabila memiliki tali lanyard dari bahan polyester. Jauhkan dari jenis makanan dan minuman saat memakainya.

9.      Tali Lanyard Tissue Lebih Awet dari Polyester

Dengan serat kain yang lebih padat membuat tali ini juga cenderung awet jika Anda membandingkan dari bahan polyester. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak pekerja lebih sering memilih material ini karena bisa menggunakannya dalam waktu lama sekaligus.

Bahan tali lanyard ini lebih awet dan kuat. Dengan kualitas yang seperti ini, membuat tali satu ini memiliki harga lebih mahal jika Anda membandingkan daripada polyester karena jauh lebih murah untuk satu kali pcs­-nya.

Itulah tadi beberapa perbedaan dari bahan tissue lanyard dengan polyester yang paling sering jadi material dari pembuatan tali lanyard custom. Untuk itu Anda bisa menjadikan kelebihan dan kekurangan di atas sebagai pertimbangannya demi kenyamanan selama penggunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?