Inilah Cara Sederhana Bikin Lanyard Custom

Menjadi salah satu benda yang sering orang gunakan untuk menggantung kartu identitas, membuat barang ini cukup populer. Keadaan ini membuat cukup banyak pihak yang mulai mencari tahu cara membuat atau bikin lanyard custom.

Fungsi Lanyard Perlu Pengguna Ketahui

Lanyard sendiri merupakan sebuah benda berupa tali yang berfungsi untuk menggantung beberapa barang seperti kartu identitas karyawan, flashdisk sampai dengan kunci kunci. Ada juga beberapa orang yang memanfaatkan benda ini sebagai gantungan ponsel atau smartphone.

Lanyard terkenal dengan kemampuan multi fungsinya, sehingga hampir semua benda ringan bisa menggunakan tali gantungan ini. Bahkan beberapa orang menggunakannya untuk gantungan kamera pocket dan juga sebuah pulpen.

Untuk menjadi media promosi alat ini juga sangat efektif, dengan desain custom Anda dapat membuat tali gantungan yang memberikan nilai nilai periklanan sebuah kantor atau jasa. Mempromosikan sesuatu lewat lanyard sangat memungkinkan sekali.

Cara Sederhana Bikin Lanyard Custom

Untuk membuat sebuah tali gantungan terdapat dua metode yang bisa Anda gunakan, yaitu printing dan sablon. Lanyard sablon punya harga cukup murah dari printing. Untuk dapat membuat benda ini dapat mengikuti cara sederhana bikin lanyard custom berikut :

1. Mempersiapkan Bahan dan Alat

Untuk membuat sebuah lanyard Anda tentunya memerlukan bahan dan alat, jadi langkah awal dalam pembuatan benda ini adalah mengumpulkan bahannya seperti tali lanyard polyester atau nylon. Anda bisa mendapatkan benda ini di beberapa toko dekat rumah.

Setelah itu tentunya harus menyiapkan alat juga agar bisa memproses bahan bahan tadi. Dalam prakteknya Anda memerlukan sebuah stopper, kait lanyard dan gunting serta perlengkapan serupa. Pastikan sudah mengumpulkan bahan dan alat secara lengkap.

2. Mulai Memotong dan Membentuk

Setelah mempersiapkan semua alat dan bahanya, saatnya mulai memotong tali menjadi dua bagian. Ukuran lanyard sangat penting untuk Anda perhatikan misal ingin membuat dengan ukuran 85 cm, maka potong menjadi dua dengan rincian 80 cm dan 5cm.

Kemudian jahit atau paku untuk menyambungkan tali menggunakan stopper. Setelah itu jahit kembali pakai paku pengait ke tali kedua. Selanjutnya satukan kembali. Maka sebuah tali lanyard akan siap Anda gunakan.

Beberapa Hal Penting Saat Hendak Membuat Desain Custom pada Lanyard

Setelah Anda berhasil membuat sebuah lanyard tentu tampilannya polos dan tidak akan menampilkan apa apa. Agar benda ini menjadi menarik perlu yang namanya melakukan desain atau kostuminisasi, berikut hal yang perlu menjadi perhatian saat hendak melakukan hal ini :

1. Menggunakan Software yang Tepat

Untuk menciptakan sebuah rancangan atau desain pada lanyard Anda, perlu menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan Corel Draw. Pastikan untuk bisa menggunakan aplikasi komputer ini terlebih dahulu.

Jika tidak mengerti sama sekali dalam menggunakan software ini, cobalah menghubungi teman yang mahir dalam membuat desain, atau langsung mengunjungi jasa cetak tali lanyard custom agar mendapatkan tali gantungan sesuai keinginan.

2. Mengenal Sistem Percetakan Digital Lanyard

Setelah Anda mengetahui dan berhasil mendesain sebuah lanyard dengan custom sendiri, tentu langkah berikutnya adalah mencetaknya. Untuk percetakan pada produk ini sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu secara digital dan sablon.

Pertama Anda bisa menggunakan printer untuk mencetak hasil desain dari software tadi apabila rancangan sudah jadi. Gunakan jenis kertas transfer paper dengan tinta khusus agar hasil optimal. Maka lanyard tidak akan menampilkan tampilan polos lagi.

3. Mengenal Sistem Percetakan Sablon

Selain menggunakan printer ada teknik lain yang dapat membuat lanyard Anda tampil menarik, yaitu menggunakan metode sablon. Siapkan terlebih dahulu desain menggunakan software dari bantuan komputer. Cetakan hasil karangan tersebut menggunakan printer biasa.

Selanjutnya Anda harus membuat sebuah layar atau screen sablon. Ini penting karena apabila melakukan desain kostum lewat metode ini secreen akan memproses rancangan tersebut agar tertempel di lanyard, maka dari itu siapkan berbagai bendanya dengan tepat.

Membuat Lanyard Custom dengan Mesin Heat Press

Terdapat metode lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah lanyard custom yaitu dengan menggunakan mesin heat press. Ini merupakan salah satu alat sangat berguna untuk mencetak desain dan menerapkanya pada benda atau barang. Berikut langkah langkahnya :

1. Menyiapkan Barang dan Mesin Heat Pressnya

Supaya tampilan lanyard Anda tidak polos perlu yang namannya desain custom, untuk mewujudkan hal ini mesin heat press menjadi jawabannya. Pertama pastikan menyiapkan tali gantungan id card custom yang sudah jadi. Kemudian buatlah sebuah gambar atau logo sesuai dengan keinginan di sebuah kertas.

Setelah itu gunting kertas tersebut dan letakkan tepat diatas lanyard tadi, seusiaku desain dengan posisi tali gantungan sehingga terlihat begitu cocok dan pas. Selanjutnya lapisi dengan kertas sebelum mengepres menggunakan mesinnya.

2. Mulai Mengoperasikan Alat Press

Setelah posisi lanyard sudah pas pada mesin heat press, sebelum mengeksekusinya pastikan untuk mengatur waktu dan suhu pada alatnya. Jangan sampai tidak melakukan hal ini karena bisa mempengaruhi hasil akhir.

Apabila pengaturan mesin sudah pas, tunggu sampai alat ini siap. Biasanya tandanya adalah terdapat sebuah bunyi. Jika sudah mendengarnya langsung saja mengeksesukis heat press. Tekan alat ini hentakan pada tali tadi. Maka cetakan desain custom dapat teraplikasikan secara tepat di lanyard.

Demikian informasi mengenai bikin lanyard custom. Dengan mengikuti beberapa langkah ini Anda bisa membuat sebuah tali gantungan menarik dengan desain sendiri. Ini bisa menjadi media untuk menggantungkan benda sekaligus mempromosikan sesuatu secara efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?