Hal Menarik dari Bikin Lanyard Jogja

Tali lanyard kini sering digunakan untuk menggantung ID card, card holder, maupun dompet. Tak jarang orang pesan lanyard custom. Nah, apa, sih yang bikin lanyard jogja menjadi pilihan tepat untuk pembuatan lanyard?

Bikin Lanyard Jogja

Saat ini banyak kelebihan dari penggunaan lanyard. Disamping itu, banyaknya variasi bahan dan proses membuat peminat lanyard bebas menentukan tali lanyard mereka sendiri. Berikut ini beberapa serba-serbi mengenai lanyard Jogja.

1.      Layanan Metode Cetak Berkualitas

Proses pencetakan warna pada permukaan tali lanyard sangat krusial. Maka dari itu saat pembeli memutuskan untuk bikin lanyard Jogja di jasa cetak tali lanyard, mereka bebas menentukan metode cetak apa yang mereka kehendaki demi hasil memuaskan.

Selain itu, memilih metode tepat juga bisa menekan biaya. Hal ini tentu sangat berguna bagi pembeli dengan budget tidak terlalu besar. Nah, di bawah ini berbagai metode yang tersedia beserta kelebihannya.

·         Cetak Printing

Cetak dengan metode print membutuhkan berbagai alat khusus seperti mesin cetak laser print, transfer paper, serta mesin heat press. Hasil dari metode ini akan menghasilkan warna sangat tajam, pada setiap detail rumit sekalipun.

Setelah desain tercetak, berikutnya mesin heat press akan memanaskan lanyard dalam suhu tinggi. Hal ini membuat warna desain semakin menyerap dan akan awet meski digunakan dalam jangka waktu lama.

·         Cetak Sablon

Metode ini menggunakan alat yang mudah ditemukan, yaitu cat, screen sablon, rakel, dan tali lanyard sebagai media cetak. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan secara manual mengaplikasikan setiap warna ke kain lanyard. Satu warna membutuhkan satu screen sablon.

Karena layanan bikin lanyard Jogja dengan metode sablon menggunakan cara manual, maka tak heran jika prosesnya lama dan membatasi jumlah pesanan dalam satu waktu. Warna yang dihasilkan juga tidak setajam hasil cetak printing dan akan luntur untuk pemakaian jangka panjang.

·         Cetak 3D

Teknik satu ini bisa terbilang unik. Menggunakan metode 3D printing, hasil cetakan akan memberi kesan timbul pada logo maupun tulisannya. Penggunaan bahan dasar pada metode ini adalah bahan elastis seperti polyester.

Karena menghasilkan cetakan unik dan berkualitas, tak heran jika harga dari metode ini paling mahal daripada kedua metode lainnya. metode ini juga menggunakan mesin khusus seperti halnya metode printing.

2.      Tips Merawat Tali Lanyard

Setelah memutuskan untuk bikin lanyard Jogja, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam hal perawatan. Tali lanyard akan sering digunakan dalam keseharian, maka dari itu kebersihan serta kerapian menjadi sebuah prioritas.

Membiarkan lanyard kotor atau berdebu hanya akan membuat penggunaanya terasa tidak nyaman. Apalagi untuk penggunaan lama, tali lanyard juga akan memperlihatkan penampilan dari penggunanya. Berikut ini beberapa tips untuk merawat tali lanyard

·         Letakkan di Tempat Bersih

Untuk menjaga kebersihan tali lanyard, maka sebaiknya pemilik meletakkannya di tempat bersih. Saat tidak dipakai sebaiknya simpan pada tempat tertutup yang bersih dan tidak berdebu. Meletakkan di dalam almari atau menggantung juga bisa menjadi solusi.

Peletakan tali lanyard di tempat lembab akan membuat lanyard berdebu hingga berjamur. Di samping itu, dengan menaruh lanyard pada tempat bersih akan meminimalisir kemungkinan penyebaran kuman.

·         Cuci Dengan Sabun

Mencuci lanyard sebaiknya menggunakan sabun atau sampo, bukan deterjen. Kandungan pembersih dalam deterjen terlalu keras sehingga bisa merusak serat tali lanyard. Menggunakan deterjen akan dapat menyebabkan kerusakan berarti pada lanyard.

Sedangkan, kandungan pembersih dalam sabun atau sampo bersifat lembut sehingga akan menjaga keutuhan serat bahan. Meneteskan sedikit sabun pada daerah lanyard yang kotor dapat mempercepat proses pembersihan tali lanyard.

·         Rendam Air Hangat

Saat lanyard tidak sengaja terkena kotoran, hal pertama yang harus segera adalah merendamnya dengan air hangat. Air hangat memiliki kemampuan membuka pori-pori serat tali lanyard dan akan membantu mendorong keluar kotoran.

Setelah beberapa saat merendam, lebih baik jika meneteskan sabun atau sampo ke bagian kotoran. Dengan cara tersebut lanyard dapat kembali bersih. Jika ingin memberi sabun terlebih dahulu sembari merendamnya, maka hal ini sah saja.

·         Kucek Perlahan

Mengucek bagian lanyard yang kotor harus secara perlahan. Apabila kucekan terlalu kuat maka dapat membuat tali lanyard molor, bahkan putus. Melakukan kucekan halus sambil meneteskan sedikit sabun dapat membuat kotoran segera hilang.

Mungkin beberapa orang berpikir untuk menyikat lanyard kotor mereka supaya cepat bersih. Namun hal ini salah karena menyikat akan merusak tulisan maupun logo di permukaan lanyard. Mengucek secara halus saja sudah mampu menghilangkan kotoran.

·         Tempat Penjemuran

Tips untuk merawat hasil bikin layard Jogja berikutnya adalah mengenai lokasi penjemuran. Setelah lanyard bersih, hal berikutnya adalah menjemur pada loasi tertutup. Jangan menjemur lanyard pada ruangan terbuka yang langsung terkena paparan sinar matahari.

Paparan sinar matahari secara langsung akan melunturkan warna tali lanyard dan membuatnya semakin kusam. Maka dari itu cukup gantungkan lanyard pada ruang teduh, namun jangan di tempat lembab karena akan memperlama proses pengeringan.

·         Setrika Lanyard

Menyetrika lanyard tidak boleh asal menyetrika. Setrika tidak boleh langsung mengenai lapisan permukaan tali lanyard. Sebuah kain sebaiknya berada di atas lanyard untuk menghindari sentuhan langsung dari setrika.

Dengan menyetrika lanyard, maka lanyard akan kembali lurus dan terlihat seperti baru. Melapisi lanyard dengan kain tipis sebelum proses menyetrika dapat menjaga lanyard tetap bagus dari suhu panas setrika.

Demikian pembahasan mengenai bikin lanyard Jogja. Membuat lanyard secara custom akan membuat pembeli merasa bebas memilih metode pencetakan hingga akhir proses. Maka dari itu hasil custom lanyard akan memberi kesan memuaskan bagi pembelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?