Mau Bikin Tali ID Card? Berikut Penjelasannya!

Dalam berbagai acara, pekerjaan, maupun organisasi, tak jarang tali ID card didesain sesuai dengan tema maupun logo tertentu. Memesan langsung dapat mempersingkat waktu, namun membuat sendiri tali ID card akan lebih mampu memenuhi ekspektasi. Maka, segeralah bikin tali ID card.

Bikin Tali ID Card

Sebenarnya tali ID card bukan hanya berfungsi sebagai penggantung bagi ID card, namun juga memudahkan pengguna dalam menemukan ID cardnya. Dengan kata lain, tali ID card akan menjaga ID card dari kehilangan. Berikut ini beberapa keuntungan serta cara membuat tali ID card sendiri.

1.      Proses Tepat Waktu

Karena pembuatan dilakukan sendiri, maka tenggat waktu juga sesuai dengan keinginan. Pembuatan tali ID card bisa kapan saja, dan selesai tepat waktu beberapa hari sebelum hari penggunaannya. Selain itu pengguna tidak perlu bingung melakukan follow up kepada siapapun.

Pembuat dapat membuat tali ID card sesuai perkiraan waktu. Yang penting saat sudah tiba hari penggunaan, seluruh tali ID card sudah siap dibagikan. Ini merupakan salah satu kelebihan dari pembuatan tali ID card pribadi.

2.      Bahan Berkualitas

Kualitas bahan akan menunjukkan seberapa kuat dan awet tali ID card itu. Karena pengguna akan memakai sendiri tali ID card-nya, maka pemilihan bahan menjadi salah satu hal penting di dalamnya. Maka tak heran pemilihan bahan paling terbaik-lah yang akan menjadi bahan tali ID card tersebut.

Untuk dapat mengetahui bahan apa yang sebaiknya menjadi tali ID card, pengguna dapat melakukan riset di internet maupun bertanya kepada orang berpengalaman mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan.

3.      Jumlah Sesuai

Ketika seseorang memutuskan untuk bikin tali ID card sendiri, ia tidak perlu repot memikirkan jumlah minimal yang harus ia produksi. Tentu saja berapapun jumlahnya ia bebas menentukan karena dibuat mandiri.

Berbeda halnya jika pengguna memesan ke vendor maupun jasa cetak tali lanyard, akan ada jumlah minimum pembelian. Biasanya semakin banyak jumlah tali ID card pesanan maka akan semakin murah pula harganya. Tentunya hal ini akan merugikan mereka yang memesan dalam jumlah sedikit.

4.      Ukuran Tali ID Card

Dengan melakukan pembuatan sendiri, pengguna bebas menentukan ukuran tali ID card. Mulai dari panjang hingga lebar tali. Tentu saja penetapan ukuran harus sesuai dengan ukuran kotak ID card supaya pas dan tidak keberatan.

Apabila memesan pada penyedia produk tali, ukuran tali sudah ada standarnya masing-masing. Maka tak jarang pemesan yang tidak menemukan ukuran pas harus mencari toko lain dengan opsi ukuran tali ID card sesuai kebutuhannya.

5.      Bahan Pertama: Tali

Bahan pertama yang harus ada sebelum mulai bikin tali ID card adalah tali. Tali merupakan bahan dasar dari tali ID card, maka pemilihan harus dilakukan secermat mungkin. Pilih tali dengan kekuatan dan lebar sesuai kebutuhan.

Salah satu tali untuk pembuatan tali ID Card adalah tali licin. Tali mengkilap ini biasa menjadi bahan utama suatu tali ID card. Memiliki lebar 2 cm dan panjang 50 meter setiap gulungannya, tali ini memiliki 13 jenis warna dengan kekuatan tali yang sangat kuat.

6.      Bahan Kedua: Paku Centang dan Hand Press

Dalam pembuatan tali ID card, paku ini berfungsi untuk membuat tali licin menempel. Lebar dari paku ini adalah 1 cm dengan kebutuhan satu tali ID card sebanyak 2 buah paku centang. Jangan lupa menyiapkan alat khusus untuk memasangnya.

Untuk memasang paku centang dibutuhkan hand press atau alat press mata itik. Alat ini memiliki fungsi untuk mengencangkan paku centang. Caranya adalah dengan menekan gagang hand press ke bawah. Namun jika tidak ada bisa juga menggunakan palu sebagai gantinya.

7.      Bahan Ketiga: Gantungan Kokot Udang dan Stopper

Terbuat dari besi stainless, gantungan kokot udang menjadi bahan bagus untuk gantungan tali ID card karena tidak mudah berkarat. Bentuknya pun mendukung kenyamanan posisi tali licin sebagai bahan utama tali ID card.

Stopper menjadi bahan opsional karena tidak semua tali ID card memakai bahan satu ini. Pemakaiannya berdasar keinginan, namun kebanyakan tali ID card menggunakan stopper dalam pembuatannya.

8.      Cara Bikin ID Card

Cara untuk bikin tali ID card sendiri tidaklah sulit. Pastikan semua bahan sudah terkumpul dengan lengkap. Jangan lupa untuk meminta bantuan teman jika jumlah tali ID card cukup banyak. Setelah menyiapkan semua bahan di atas, ikuti langkah di bawah ini.

  • Potong tali dengan panjang sekira 80 cm atau sesuai keinginan
  • Potong tali untuk ekor sepanjang 10 cm
  • Lipat kedua bagian tali 80 cm ke stopper atas untuk melubangi tengah lipatan
  • Letakkan paku centang ke lubang tali
  • Letakkan di matras hand press
  • Tarik tuas hand press
  • Bagian atas tali id card sudah jadi
  • Langkah berikutnya adalah membuat ekor tali ID card
  • Masukkan tali berukuran 10 cm ke stopper
  • Pasang gantungan kokot udang pada tali
  • Lipat tali seperti sebelumnya
  • Lalu lubangi kembali
  • Masukkan paku centang ke lubang tali
  • Rapikan dengan menggunakan hand press lagi
  • Tali ID card sudah jadi

Itu lah beberapa keuntungan dan cara bikin tali ID card sendiri yang bisa menjadi rujukan. Membuat tali ID card tanpa memesan pada jasa pembuatan tentu akan lebih memuaskan karena segala sesuatunya bisa diatur sesuai keinginan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?