Cara Membuat Desain Lanyard Menggunakan Software Adobe Photoshop

Umumnya lanyard yang ada di pasaran punya banyak sekali varian desain serta warna pada tampilan. Akan tetapi terdapat beberapa orang yang mungkin tidak cocok dengan desain ini. maka dari itulah mengetahui cara membuat desain lanyard jadi penting.

2 Poin Penting Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Lanyard di Photoshop

Semua software desain grafis tentu punya aturan dan ketentuan berbeda beda untuk para penggunanya. Saat ingin membuat desain lanyard menggunakan Adobe Photoshop, memperhatikan ketentuan ini sangatlah penting. Berikut 2 poin harus Anda ketahui :

1. Tentang Penggunaan Adobe Photoshop

Saat memutuskan untuk membuat desain menggunakan Photoshop poin penting pertama harus Anda perhatikan adalah tentunya penggunaan Photoshop itu sendiri. Terdapat beberapa hal yang wajib pengguna perhatikan ketika memakai perangkat lunak desain grafis satu ini sebagai berikut :

  • Adobe Photoshop bisa untuk berbagai sistem operasi
  • Tersedia banyak sekali fitur dalam aplikasi ini
  • Menyediakan banyak sekali pilihan editing
  • Bisa menyimpan desain dalam berbagai format
  • Seperti JPG, PSD,GIF, hingga PNG
  • Menyediakan banyak format warna
  • Seperti CMYK, RGB, Bitmap, sampai Grayscale
  • Menyediakan banyak tools dan efek editing

2. Memahami Semua Tools yang Ada

Untuk bisa membuat sebuah desain print tali lanyard yang bagus, saat menggunakan Photoshop penting agar pengguna mempelajari semua tools dengan baik mulai dari penggunaan efek, warna, format, sampai dengan peralatan gambarnya.

Apabila tidak paham maka proses pembuatan akan jadi cukup sulit, cara terbaik dan cepat dalam memahami hal ini adalah dengan melihat berbagai tutorial di internet lalu kemudian mempraktekkannya. Atau bisa dengan mendatangi seorang teman yang memang ahli di bidang desain grafis ini.

3. Menentukan Tujuan Pembuatan Lanyardnya

Sebelum memulai pembuatan desain lanyard di software Photoshop, penting untuk pengguna menentukan tujuan pembuatannya. Hal ini sangat cukup krusial, karena bisa memberikan arah yang jelas terhadap bentuk desain akan menjadi seperti apa.

Contohnya bila tujuan tersebut untuk sebuah perusahaan, maka mencari identitas secara khusus tentangnya sangat penting. Mulai dari ciri khas warna perusahaan logo dan juga pergerakan bisnisnya. Ini akan membuat Anda mudah dalam melakukan desainnya nanti.

Inilah Cara Membuat Desain Lanyard Menggunakan Adobe Photoshop

Mendesain sebuah lanyard memang menjadi hal menarik apalagi bagi Anda yang tidak cocok dengan pilihan serta varian desain yang ada di pasaran. Untuk bisa mewujudkan hal ini Adobe photoshop pun hadir. Berikut langkah langkah cara membuat desain lanyard :

  • Buka program Adobe Photoshopnya
  • Kemudian atur ukuran kanvasnya
  • Pastikan sesuai dengan ukuran asli
  • Tambahkan beberapa tulisan dengan text tools
  • Kemudian masukan gambar serta ikon
  • Atur warna sesuai keinginan
  • Simpan dalam bentuk psd
  • Lalu simpan dalam bentuk PNG atau JPEG
  • Maka desain lanyard sudah jadi

Memahami Sistem Pengaturan Ukuran Pada Desain Lanyard

Saat menggunakan Photoshop untuk membuat sebuah desain lanyard, penting bagi pengguna memperhatikan ukuran, ini akan memiliki dampak besar pada hasil akhir. Mempelajari berbagai ukuran tali gantungan sangat penting saat ingin mengisinya. Berikut berbagai macam ukurnya :

1. Ukuran Tali Lanyard Secara Umum

Ukuran pertama yang harus Anda ketahui adalah size standarnya. Jenis ini biasanya memiliki panjang sekitar 85 cm sampai dengan 90 cm dengan lebar kurang lebih 1,5 cm hingga 2 cm. Mengetahui ukuran dasar bisa melihat dari berat gantungan dan postur badan orang yang nantinya akan menggunakan ini.

Untuk ukuran tali standard pda lanyard ini sangat penting pengguna ketahui, apalagi bila sedang mendesain menggunakan Photoshop. Pengaturan kanvas yang cocok untuk ukuran ini di aplikasinya bisa menggunakan panjang 100 cm dan lebarnya 2,07 cm. Ini bisa menghasilkan desain yang cocok.

2. Ukuran Tali Lanyard 1,5 Cm

Untuk penggunaan pengukuran yang paling populer pada produk ini adalah tali lanyard 1,5 cm. Hampir semua pengguna tali gantungan ini memakai ukuran satu ini. Biasanya lanyard dengan ukuran ini bisa menghasilkan sebuah desain lebih bergaya serta menarik.

Dengan menggunakan bahan seperti polyester, maka desain dapat Anda lakukan secara maksimal.  Untuk pengaturan ukuran pada kanvas Photoshop bisa memakai settingan 1 cm panjang dan 1,3 cm lebarnya. Tampilan pada layar editing desain akan pas dengan aslinya jadi tidak perlu khawatir.

3. Ukuran Tali Lanyard 2 Cm

Ukuran tali lanyard berikutnya adalah 2 cm. Ini merupakan pengaturan pengukuran yang cukup sedang dan bisa menampilkan desain pada tali dengan sangat baik. Biasanya penggunaan bahan untuk ukuran ini adalah tisu dan polyester. Keduanya dapat menerapkan lanyard 2 cm dengan sangat baik.

Sementara agar kanvas cocok dengan ukuran aslinya, lakukan settingan pada Photoshop dengan panjang 1,5 cm dan lebarnya 1,8 cm. Sedikit mengecilkan daripada aslinya agar bisa memotong saat mengerjakan proses atau tahapan finishingnya secara akurat.

4. Ukuran Tali Lanyard 2,5 Cm

Ukuran tali lanyard terakhir bisa Anda gunakan adalah 2,5 cm. Umumnya penggunaan pengaturan ini terjadi pada desain tali gantungan untuk merchandise, gantungan Hp, card holder, hingga dompet. Ukuran ini sangat cocok untuk beberapa hiasan juga seperti pita atau pompom.

Memikirkan visual dan gambaran terbaik saat melakukan desain pada lanyard sangatlah penting, dengan mengetahui settingan kanvas dan ukuran asli lanyard, Anda dapat mendesain sebuah tali gantungan secara menarik dan menawan tentunya.

Demikian informasi mengenai cara membuat desain lanyard menggunakan software komputer Adobe Photoshop. Aplikasi dekstop satu ini memang sangat powerfull dan menghadirkan banyak fitur, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mendesain sebuah lanyard.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?