Berikut Ini Cara Membuat Tali Lanyard, Bisa Jadi Bisnis!

Lanyard merupakan tali yang memiliki salah satu fungsi untuk menggantung ID card. Banyak toko menyediakan lanyard siap beli, namun dengan membuat lanyard sendiri akan lebih memuaskan. Lantas, bagaimana cara membuat lanyard?

Cara Membuat Tali Lanyard

Tak jarang orang ingin memiliki lanyard sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk memesan langsung ke jasa pembuatan lanyard mungkin terasa lama dan ribet, maka dari itu banyak orang memutuskan untuk membuat tali lanyard mereka sendiri.

1.      Bahan

Sebelum mulai membuat lanyard, siapkan terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan. Pemilihan bahan tergantung pada tujuan dan metode pencetakan lanyard. Jika ingin memakai metode sablon, nilon menjadi pilihan tepat. Sedangkan jika ingin metode printing, polyester tissue menjadi bahan dasarnya.

Penentuan bahan juga tergantung pada penggunaan lanyard, apakah di luar atau dalam ruangan, untuk penggunaan jangka panjang atau pendek. Siapkan bahan dasar yang sudah dipilih dengan ukuran kurang lebih 115 cm.

2.      Alat

Sebelum masuk ke cara membuat lanyard, ada beberapa alat yang harus siap. Yang pertama yaitu gunting atau cutter sebagai pemotong dan printer sublim. Printer sublim merupakan alat untuk mencetak desain ke kain pada berbagai media.

Alat berikutnya adalah paku dan hand press. Paku di sini merupakan paku centang dengan alat khusus untuk memasangnya, yaitu hand press. Alat terakhir yang harus ada yaitu mesin hot press yaitu alat untuk memberi panas pada desain agar bisa menghasilkan warna sempurna.

3.      Langkah Pembuatan

Saat memesan ke jasa pembuatan tali lanyard, beberapa orang merasa kurang puas dengan hasilnya. Entah karna layanan jasa yang tidak terlalu mengerti pada pesanan, panjang tali tidak sesuai, atau warna cetakan tidak sesuai maka hasil pesanannya pun mengecewakan.

Maka dari itu ada orang yang memilih untuk membuat sendiri tali lanyard mereka. Selain bisa memilih bahan sendiri, menentukan desain, mengatur panjang tali, cara membuat lanyard tidak sulit. Cukup menyiapkan beberapa alat dan bahan, berikut ini langkah-langkahnya.

4.      Membuat Desain

Langkah pertama dalam pembuatan lanyard adalah membuat desain. Pembuatan desain bisa dilakukan pada aplikasi desain terpercaya seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Canva, dan berbagai aplikasi lainnya.

5.      Memotong Kain

Setelah desain sudah jadi, langkah berikutnya adalah dengan memotong bahan kain yang sudah tersedia. Pemotongan kain harus sesuai dengan panjang tali lanyard yang diinginkan. Panjang tali harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

6.      Printing

Langkah berikutnya dalam cara membuat lanyard adalah proses printing atau cetak. Proses ini menyalurkan desain ke permukaan tali dengan menggunakan printer sublim. Pastikan warna dalam desain bisa tercetak seidentik mungkin dengan desainnya.

7.      Tekanan Panas

Setelah gambar, logo, maupun tulisan sudah tercetak di atas tali, langkah berikutnya adalah proses tekanan dalam suhu tinggi. Tali lanyard dengan desain akan di-press dengan suhu 195 derajat celcius dalam 35 detik saja. Ini akan membuat gambar desain memiliki warna tajam.

8.      Finishing

Proses finishing pada pembuatan tali lanyard adalah dengan menyambungkan tali dengan besi pengait maupun stopper. Langkah ini perlu kecermatan dalam melakukannya dan harus memakai paku centang dan hand press untuk melubangi dan memasang paku di tali lanyard.

Kelebihan Membuat Tali Lanyard Sendiri

Kebanyakan orang lebih memilih membeli tali lanyard langsung ke toko ataupun melakukan pemesanan khusus pada jasa cetak lanyard. Namun ada juga orang yang memilih membuat tali lanyard mereka sendiri atau bahkan membuka usaha penjualan lanyard.

Bagi orang yang mengetahui cara membuat lanyard, mereka akan merasakan berbagai kelebihan membuat tali lanyard mereka sendiri daripada harus membeli atau memesan. Berikut ini beberapa kelebihan dari membuat lanyard sendiri.

1.      Hemat Waktu

Saat datang ke jasa cetak tali lanyard, pelanggan akan diminta mengantri bersama beberapa orang lainnya untuk giliran pemesanan. Tapi dengan membuat sendiri, pelanggan bebas menentukan kapan talinya jadi dan siap pakai.

2.      Hemat Biaya

Membuat lanyard sendiri juga akan membantu pengguna menghemat biaya. Hal ini karena biaya ongkos kirim, biaya jasa desain, dan biaya percetakan tidak perlu dibayar. Mereka akan bisa lebih menghemat biaya mereka, bahkan mendapat uang lebih jika berjualan.

3.      Bebas Desain

Bagi orang yang ingin memilikinya dengan desain sesuai keinginan, memesan di jasa pembuatan mungkin tidak akan menghasilkan produk lebih memuaskan daripada hasil karya sendiri. Membuat desain secara mandiri juga akan membuat pengguna bebas berekspresi.

4.      Sesuai Ekspektasi

Dengan menerapkan cara membuat lanyard yang benar, pengguna akan merasa puas karena prosesnya berada di tangan sendiri. Mulai dari pemilihan bahan, panjang, desain, sampai proses finishing semua akan sesuai keinginan pembuatnya.

5.      Bahan Produksi

Setelah mahir membuat lanyard berkualitas, pengguna tidak hanya bisa membuatnya sendiri melainkan ia bisa mulai berjualan. Hal ini akan mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi pengguna karena semakin banyak pesanan maka semakin banyak pula keuntungannya.

6.      Meningkatkan Kreativitas

Dengan membuat sendiri, secara tidak langsung kreativitas pembuatnya akan terasah apalagi ia membuka usaha berjualan produk tali ini. Semakin banyak pesanan jenis tali lanyard custom, maka semakin banyak pula keahlian yang dimiliki.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai cara membuat lanyard yang bisa menjadi rujukan. Jika baru beberapa kali mencoba mungkin hasilnya belum bisa sangat memuaskan. Namun semakin sering seseorang membuatnya, maka hasil tali lanyard akan semakin bagus pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?