Dalam dunia branding (apapun itu bentuknya), setiap elemen pasti memiliki peran penting, tak terkecuali lanyard. Meskipun sering dianggap sebagai aksesoris kecil, justru lanyard bisa menjadi representasi langsung dari identitas sebuah brand.
Oleh karenanya, pemilihan warna lanyard tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena warnanya mampu memengaruhi kesan yang ditangkap oleh pelanggan maupun mitra bisnis.
Maka dari itu, memahami cara memilih warna lanyard yang sesuai dengan brand adalah langkah penting dalam menjaga konsistensi visual perusahaan.
Warna merupakan bagian penting dari bahasa visual yang digunakan oleh brand untuk berkomunikasi. Bahkan, sebelum seseorang membaca logo atau tulisan yang tercetak, warna sudah terlebih dahulu memberikan kesan awal.
Misalnya, warna merah kerap dikaitkan dengan semangat dan energi, sedangkan biru melambangkan kepercayaan. Dengan demikian, memilih warna lanyard yang selaras dengan pesan brand akan memperkuat identitas.
Lebih lanjut, warna yang tepat juga dapat membantu meningkatkan pengenalan brand dalam berbagai situasi, baik itu pada saat pameran, seminar, maupun kegiatan internal.
Artikel Terkait: Apa Itu Stopper Trisula? Kenali Fungsinya di Dunia Lanyard
Agar tidak salah dalam menentukan warna lanyard, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:
Warna ini biasanya sudah mewakili identitas perusahana sehingga sangat ideal untuk dijadikan warna dasar lanyard. Pemilihan warna ini harus sesuai dan dikombinasikan dengan warna lainnya supaya selaras.
Jika Anda mencetak logo atau tulisan di atas lanyard, Anda perlu memastikan warna tulisan tetap terbaca dengan jelas. Misalnya, logo putih akan lebih terlihat di atas lanyard biru tua daripada biru muda.
Apakah lanyard akan digunakan untuk acara formal, event outdoor, atau sebagai merchandise? Warna bisa disesuaikan agar tetap relevan dengan suasana acara dan tema acara. Pastikan memilih warna yang tepat ya!
Apabila Anda ingin menampilkan dua warna (gradient biasanya), Anda bisa emilih finishing cetak full color. Ini akan memberikan kesan lebih kreatif dan dinamis. Serta tampilan lanyard tidak monoton warna solid saja.
Terkadang, pilihan warna bisa terbatas oleh bahan atau teknik cetak. Untuk menghindarinya, diskusikan terlebih dahulu dengan penyedia jasa agar hasil akhirnya sesuai ekspektasi.
Untuk memberikan inspirasi, berikut ini beberapa contoh kombinasi warna lanyard yang sering digunakan oleh berbagai jenis brand:
Jenis Brand | Warna Lanyard | Kesan yang Diberikan |
Teknologi | Biru tua + putih | Profesional dan terpercaya |
Kuliner cepat saji | Merah + kuning | Enerjik dan memikat |
Lingkungan & alam | Hijau + cokelat muda | Natural dan ramah lingkungan |
Fashion premium | Hitam + emas | Elegan dan mewah |
Edukasi & pelatihan | Biru muda + abu | Modern dan serius |
Meski terlihat sederhana, masih banyak yang melakukan kesalahan saat memilih warna lanyard. Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sebaiknya dihindari:
Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan ini, Anda bisa lebih berhati-hati dan cermat dalam membuat keputusan warna.
Memilih warna lanyard bukan hanya soal estetika, tetapi juga tentang membangun dan mempertahankan identitas brand secara konsisten. Warna yang tepat akan memberikan kesan positif, memperkuat pesan brand, dan membantu audiens mengenali perusahaan Anda dengan lebih mudah.
Oleh karena itu, mulailah dengan memahami warna brand Anda, pelajari arti warna, lalu kombinasikan dengan konteks penggunaan lanyard. Jika perlu, konsultasikan dengan jasa cetak lanyard yang berpengalaman agar hasil akhirnya optimal dan sesuai dengan visi perusahaan Anda.
Kami menyarankan kepada Anda untuk mencetak di Lanyardkilat saja, karena vendor ini sudah berpengalaman sejak tahun 2016. Tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mencetak tali lanyard, yuk segera cetak di sini dan dapatkan harga spesial.