Cetak Lanyard Jakarta, Apa Saja Metode Percetakannya?

Lanyard sendiri adalah seutas pita atau tali yang nantinya akan Anda kalungkan pada leher, tangan atau bahu untuk menggantungkan ID card, kunci atau benda kecil lainnya. Kali ini, sebagai pengguna pun bisa memesannya sendiri secara custom misalnya saja di tempat cetak lanyard Jakarta.

Komponen Bahan dalam Lanyard

Sebelum masuk ke proses pembuatannya, alangkah lebih baiknya jika Anda mempelajari komponen apa saja yang menyusunnya. Umumnya tali lanyard terdiri dari stopper dan tali itu sendiri. Fungsi dari bagian ini adalah untuk mengaitkan pengait dengan suatu barang seperti card holder, vape atau HP.

Pengait pun juga bisa Anda peroleh pada beberapa jenis bahan namun yang umum adalah logam dan plastik. Perbedaannya yakni terletak pada keawetan dan ketahanan dari keduanya. Selain itu, talinya pun juga beragam mulai dari nilon, poliester, satin hingga kulit dengan ciri khas masing-masing.

Ketika Anda memilih desain lanyard, maka penting juga untuk memperhatikan kedua komponen tersebut. Misalnya saja harus memadukan antara bentuk stopper dan warna tali lanyardnya agar tetap serasi.

3 Metode Percetakan Paling Umum di Cetak Lanyard Jakarta

Sebelum masuk ke tiga metode percetakan yang umumnya diaplikasikan pada printing lanyard. Anda pun perlu mengetahui apa saja komponen penyusunnya. Umumnya terdiri dari stopper atau pengait dan tali lanyard. Keduanya harus ada di dalam sebuah lanyard. Berikut ketiga teknik cetaknya:

1. Cetak Lanyard DenganSablon Manual

Proses cetak lanyard menggunakan sablon manual sebenarnya hampir sama ketika memakai media lain seperti di kaos dan atas. Dari segi alat pun juga tidak ada perbedaan mulai dari screen sablon, rakel, tinta dan juga tali lanyard yang akan cetak. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu apa desainnya.

Pertama, ukuran desain harus sesuai dengan lebar tali lanyard. Selanjutnya terapkan desain tersebut ke cetakan sablon. Jika memiliki lebih dari satu warna maka akan memakai lebih dari satu screen. Apabila ukurannya telah sesuai dan memadai, maka percetakan dapat Anda lakukan lebih dari satu.

2. Cetak Lanyard Menggunakan Mesin Heat Press

Lain halnya jika Anda bandingkan dengan metode sablon manual, mesin heat press memerlukan mesin cetak laser printing, perangkat komputer dan kertas khusus jenis transfer paper. Dalam hal ini. customer dapat memilih mesin biasa atau khusus untuk mencetaknya dimana harganya pun juga berbeda.

Berhubungan dengan cara pembuatan lanyard dengan mesin heat press, langkah pertama adalah menyiapkan desain terlebih dahulu. Nantinya akan memakai komputer untuk mencetaknya. Berikutnya sesuaikan ukuran desain pada lebar tali lanyard. Hal ini bertujuan agar mendapat hasil lebih presisi.

3. Cetak Lanyard dengan Hasil Akhir Huruf Timbul 3 Dimensi

Cetak lanyard dengan hasil akhir huruf timbul pun biasa pelanggan pilih ketika ingin menonjolkan suatu ornamen pada tali permukaannya. Selain itu, customer juga akan memakai metode ini untuk mencetak stopper-nya. Pada mesin percetakannya mampu menghasilkan tiga dimensi ketika merabanya.

Hampir mirip seperti proses printing mesin heat press, cetak lanyard dengan huruf timbul pun mengharuskan pelanggan untuk menyiapkan desain terlebih dahulu. Tentunya hal ini memerlukan tarif lebih mahal daripada dua metode sebelumnya. Selain prosesnya rumit, materialnya pun cukup banyak.

Kelebihan Pesan Lanyard Printing Secara Custom

Ada beberapa alasan yang membuat pelanggan akhirnya memutuskan untuk memesan lanyard secara custom daripada harus membelinya langsung. Pertama adalah beberapa bahan tersebut tidak mudah menyerap air seperti poliester sehingga lebih tahan lama dan awet dalam pemakaian waktu lama.

Selain itu dengan menggunakan lanyard printing memang lebih mudah dicetak pada berbagai macam desain. Tidak hanya itu saja, tali lanyard pun juga gampang didaur ulang. Bahkan warna hasil cetaknya juga tak mudah memudar namun Anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Harga lanyard printing pun nyatanya sangat terjangkau daripada Anda harus membelinya secara langsung. Terlebih jika sebuah perusahaan atau instansi mewajibkan bagi seluruh karyawan untuk menggunakan lanyard ID card seragam sehingga harus memesan secara dalam desain yang sama.

Kekurangan Pesan Lanyard Printing Secara Custom

Namun sebenarnya ada beberapa kekurangan ketika Anda memutuskan untuk memesan lanyard printing di tempat percetakan. Beberapa orang mengaku jika hasil printing justru membuat tali lebih susah saat membersihkan. Tentu saja hal ini cukup berbeda apabila dibandingkan dengan warna polos.

Lanyard printing umumnya akan menggunakan bahan poliester karena cocok untuk percetakan dalam jumlah banyak sekaligus. Namun sebenarnya sifat material ini akan menghasilkan warna cetak yang kurang tajam. Jadikan hal ini menjadi salah satu pertimbangan sebelum memesan secara custom.

Selain memakai bahan poliester, beberapa tempat lanyard printing pun menggunakan material tali tisue. Bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan aktivitas di luar ruangan, maka tidak cocok untuk memakainya. Pasalnya bersifat mudah menyerap air sehingga sensitif apabila terkena air dan keringat.

Cetak Lanyard dengan Bahan Tali Tisue dan Kelebihannya

Mengenal tali tisue sebagai salah satu bahan dari tali lanyard. Ada beberapa keungulan dari pemilihan material ini. Pertama adalah memiliki tekstur lebih lembut sehingga membuat pengguna merasa nyaman saat mengalungkannya di leher. Selain itu juga menurunkan resiko alergi dan kulit sensitif.

Permukaan material pada tali tisue memang lebih rata apabila Anda membandingkan dengan bahan lainnya. Hal ini menjadi alasan mengapa kebanyakan orang sering menjadikannya sebagai pilihan utama ketika hendak menggunakan metode digital printing daripada percetakan sablon.

Tidak hanya memiliki permukaan yang halus, material tali tisue terasa lebih lentur sehingga saat melewati proses press pun bisa lebih menyatu pada seratnya. Sifat seperti ini mampu memudahkan prosesp percetakan hingga menghasilkan desain digital printing lebih menarik dan maksimal.

Harga Cetak Lanyard Bahan Tisue 1 dan 2 Sisi

Bagi Anda yang tertarik untuk mencetak tali lanyard menggunakan bahan tisue, maka bisa mempertimbangkan dari segi harganya. Faktor lain yakni dari lama pembuatannya pun juga bervariasi tergantung dengan jumlah harus dicetaknya sehingga pelanggan harus benar-benar menentukannya.

Untuk lanyard ID Card 1 sisi cetak biasanya menggunakan ukuran 2 cm dan panjang 90 cm. Selain itu memakai pengait 1 sisi full warna. Beberapa tempat percetakan biasanya menetapkan minimal pemesanan adalah 10 buah dengan harga bervariasi antara Rp 10 ribu sampai 15 ribu per pcs.

Sementara untuk lanyard ID Card 2 sisi cetak tentu memiliki harga yang lebih mahal. Sama seperti sebelumnya yakni menggunakan ukuran lebar 2 cm dan panjang sekitar 90 cm. Minimal pemesanan pun 10 sampai 15 pcs tergantung kebijakan percetakannya dengan harga mencapai Rp 17 per pcs.

Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda perhatikan sebelum memesan di cetak lanyard Jakarta. Sebenarnya cukup banyak kelebihan daripada kelemahannya namun tetap saja harus dipertimbangkan dulu. Terlebih jika lanyard akan digunakan oleh seluruh karyawan atau panitia dalam jumlah banyak.

Visited 1 times, 1 visit(s) today
#Terupdate
Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?