Serba Serbi Cetak Lanyard Printing

Cetak lanyard printing. Bagi mereka yang baru pertama kali membutuhkan lanyard ID card sering kali bingung mengenai pilihan jenis lanyard. Pemesan harus melakukan riset terlebih dahulu untuk kemudian dapat memutuskan pilihan jenis lanyard.

Cetak Lanyard Printing

Tali lanyard ID card seringkali memiliki motif tertentu. Untuk kegunaan organisasi biasanya akan mencantumkan logo dan warna identitas. Begitu pula dengan tali lanyard untuk suatu lembaga yang akan meletakkan nama maupun logo perusahaan.

1.      Lanyard Printing

Sebenarnya ada dua jenis umum pada lanyard, yang pertama adalah lanyard printing. Jasa pembuat lanyard akan memakai printer khusus untuk membuat lanyard jenis ini. Dengan memilih jenis ini, warna lanyard akan lebih beragam serta tahan lama.

Selain itu, cetak lanyard printing menggunakan bahan dasar berupa tissue yang mempunyai permukaan rata dan halus untuk memberi rasa nyaman saat pemakaian. Tampilan logo dan teks pada jenis ini akan terlihat sangat jelas dan halus sehingga enak dipandang.

2.      Lanyard Sablon

Jenis kedua pada tali ID card yaitu lanyard sablon. Metode pewarnaan dalam pembuatan jenis ini adalah menggunakan metode sablon. Harga dari jenis lanyard sablon ini tergolong ramah kantong dan terjangkau dengan tambahan stopper untuk memperpanjang ukuran sesuai kebutuhan.

Meski siap memberi logo maupun teks pada tali lanyard, teknik satu ini memiliki kekurangan dari jangka waktunya. Motif, logo, maupun nama yang tertera pada permukaan tali akan memudar sedikit demi sedikit jika digunakan dalam waktu lama.

3.      Hasil Cetak Lanyard Printing

Penggunaan mesin khusus dan tekanan panas dalam pembuatan lanyard printing tentu sangat berpengaruh pada hasilnya. Dengan memilih tipe lanyard ini, desain yang tertera di tali lanyard akan sangat detail meskipun detail rumit maupun menggunakan berbagai macam font.

Motif berwarna warni juga bisa didapatkan dengan memilih jenis lanyard ini. Tinta akan meresap sempurna ke bahan dasar lanyard yang berwarna putih. Tentunya hal ini akan membuat warna sangat meresap ke dalam kain dan menghindari kemungkinan luntur.

4.      Waktu Pembuatan

Ketika seseorang memesan lanyard jenis printing, ia tidak perlu menunggu dalam jangka waktu lama. Jasa pembuat lanyard tidak akan membuang waktu untuk mengeringkan cat karena penggunaan mesin pres yang bisa mempercepat proses tersebut.

Tidak hanya memberi tekanan, proses pembuatan lanyard printing ini juga mengandalkan panas dalam suhu tertentu yang akan membuat tinta meresap sempurna ke dalam serat kain untuk memberi hasil sempurna.

5.      Bebas Desain

Keinginan memakai desain full color ataupun memberi font detail pada tali lanyard membuat pemilihan jenis lanyard printing menjadi solusi tepat. Pasalnya, desain yang dibuat pada software desain dapat tercetak sempurna pada permukaan lanyard.

Pembuat lanyard akan mencetak desain ke kertas khusus menggunakan suatu alat khusus juga. Kemudian desain akan dikirim ke mesin press khusus dengan mengandalkan tekanan dan panas. Maka dari itu hasil dari lanyard ini sangat memuaskan dan awet dalam jangka waktu lama.

6.      Jenis Bahan

Banyak yang mengatakan bahwa lanyard printing menggunakan jenis tissue untuk memberi hasil sempurna dan kaya warna. Padahal faktanya, cetak lanyard printing mengizinkan konsumennya menggunakan bahan apapun.

Polyester tissue memiliki karakteristik rata, halus, dan glossy. Maka jenis ini memang paling banyak menjadi favorit pemesan. Namun jika ingin mendapat harga lebih rendah, memilih nilon, sarung, maupun doff juga bisa memberi hasil memuaskan.

7.      Polyester atau Tissue?

Salah satu jenis kain ini kerap menjadi bahan untuk pembuatan tas maupun pakaian. Bahan ini memiliki sifat kuat, awet, kaku, dan tidak mudah kusut. Selain itu bahan ini juga dapat memberi hasil memuaskan karena warna di permukaannya tidak akan mudah pudar.

Sementara itu, bahan tissue memiliki tekstur sangat halus, dengan partikel rapat, rata, dan padat. Dalam pembuatan lanyard printing bahan ini akan memberi cetakan sempurna dan akan awet untuk durasi pemakaian panjang.

8.      Penyerapan Bahan

Bahan dasar dari cetak lanyard printing adalah berbagai jenis kain polyester. Bahan ini tidak mudah menyerap keringat sehingga menyebabkan rasa gerah untuk pemakaian seharian penuh. Meskipun memberi warna tajam pada detail serumit apapun, bahan ini akan susah dibersihkan saat kena noda.

Selain itu bahan polyester terutama jenis tissue juga sangat mudah menyerap air, sehingga sulit dikeringkan saat terkena air. Maka dari itu pemilihan bahan ini harus dibarengi dengan penggunaan yang sesuai.

9.      Harga Lanyard Printing

Memiliki banyak fungsi dengan berbagai kelebihan yang ada membuat lanyard jenis ini tentu memiliki sisi kekurangan. Salah satunya yaitu pada harganya. Memakai bahan kualitas tinggi dengan proses pembuatan menggunakan mesin khusus membuat lanyard printing menjadi primadona.

Maka tak heran jika harga cetak lanyard printing sedikit lebih mahal daripada jenis lanyard sablon. Meski begitu hal ini sepadan dengan kualitas dan kelebihan yang akan pembeli dapatkan.

10.  Tips Memilih Lanyard Printing

Dalam memesan lanyard printing sebaiknya memperhatikan tempat dan waktu pemakaian lanyard. Apabila lanyard untuk kegiatan luar ruangan, sebaiknya memilih bahan polyester sebagai bahan dasarnya. Sementara jika takut kehujanan, sebaiknya lebih memilih bahan tissue.

Jika sudah memutuskan untuk memesan lanyard tipe printing, resiko yang dapat terjadi adalah mengenai budget. Lakukan riset pada beberapa jasa pembuatan lanyard sebelum memesan demi mendapat harga terbaik untuk menghemat pengeluaran.

Nah itulah penjelasan mengenai cetak lanyard printing. Jenis lanyard ini memiliki banyak sekali kelebihan daripada jenis lainnya yang akan memberi hasil sempurna. Selamat memesan dan rasakan kualitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?