Gempuran digitalisasi terasa banget akhir-akhir ini, bagi pemilik perusahaan dan bisnis harus selalu memperhatikan brand awareness karena itu menjadi kunci suksesnya. Salah satu cara ampuh untuk meningkatkannya dengan memanfaatkan merchandise.
Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan merchandise ini? Apakah sama seperti dengan souvenir dan buah tangan? Semuanya akan kami bahas tuntas pada pembahasan kali ini.
Merchandise adalah barang-barang yang diproduksi dan didistribusikan dengan tujuan mempromosikan sebuah brand, individu, atau acara tertentu. Biasanya, merchandise dicetak dengan logo, gambar, atau slogan yang merepresentasikan brand tersebut.
Istilah merchandise ini ternyata berasal dari bahasa Perancis kuno, kata "merchandise" yang berarti "dagangan". Seiring waktu bergulir, makna merchandise berkembang pesat menjadi barang-barang yang diproduksi massal untuk tujuan promosi dan penjualan.
Lantas, apa bedanya merchandise dengan souvenir biasa? Meskipun sering dianggap sama, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Jika souvenir biasa cuman diberikan sebagai kenang-kenangan dari suatu acara, sementara merchandise lebih berfokus pada promosi dan branding.
Merchandise hadir dalam berbagai jenis dan bentuk. Berikut ini beberapa jenis merchandise yang paling populer:
Jenis merchandise ini biasanya dibagikan secara gratis atau dijual dengan harga terjangkau dalam rangka meningkatkan brand awareness. Contohnya pulpen, tumbles, kaos, topi, gantungan kunci, stiker, dan lanyard.
Kenapa lanyard bisa menjadi salah satu merchandise untuk promosi? Karena lanyard bisa dicustom sesuai selera dengan mencantumkan logo, nama, dan desain senada dengan acara.
Bahkan, kalau Anda cetak lanyard di LanyardKilat pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tentu hal ini sangat baik dalam meningkatkan kesadaran merek orang lain terhadap perusahaan Anda hanya dari merchandise.
Jenis merchandise ini diproduksi dan dijual untuk mendapatkan keuntungan, contohnya:
Dari istilah koleksi saja Anda harusnya sadar bahwa merchandise jenis ini biasanya hanya diproduksi dalam jumlah terbatas (limited edition) dan memiliki nilai koleksi yang tinggi. Seperti halnya merchandise edisi khusus untuk memperingati suatu momen atau acara tertentu dan merchandise yang sudah tidak diproduksi lagi atau sangat sulit untuk didapatkan alias barang langka.
Merchandise memiliki fungsi yang beragam, baik bagi bisnis maupun konsumen.
Buat pemilik bisnis, merchandise ini sangat cocok untuk meningkatkan brang awareness. Jadi, caranya dengan membagikan atau menjual merchandise milik Anda kepada masyarakat yang lebih luas. Dengan begitu, justru malah menjadi media promosi yang efektif, kan? Tentu saja, malahan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas lagi nantinya.
Selain itu, bagi pemilik bisnis juga dapat membangun hubungan harmonis dengan konsumen. Caranya dengan memberikan merchandise tersebut kepada konsumen untuk membangunnya. Bagusnya hal ini bisa meningkatkan loyalitas konsumen sekaligus.
Terakhir, fungsi merchandise bagi pemilik bisnis yaitu menambah pendapatan. Dengan menjual merchandise Anda selaku pemilik dapat menjadikan ini sebagai sumber pendapatan tambahan bagi bisnis Anda. Meskipun tidak besar, tapi setidaknya dapat menambah-nambah pemasukan.
Bukan fungsinya buat pemilik bisnis saja, tetapi pada sisi konsumen pun juga mendapatkan keuntungan. Anda kalau sebagai konsumen ketika mendapatkan atau membeli merchansie maka secara otomatis Anda menunjukkan dukungan terhadap brand atau idola favorit.
Tak hanya sampai disitu saja, Anda dapat menjadikan merchandise bagian dari identitas diri seseorang dan menunjukkan minat atau hobi Anda ke khalayak publik. Terlebih lagi jika Anda memperoleh merchandise yang limited edition, tentu bisa Anda jadikan koleksi di rumah.
Anda bisa menemukan contoh merchandise di lingkungan terdekat Anda. Misalnya saja seperti:
Ingat! Memilih merchandise yang tepat sangatlah penting bagi pemilik acara. Jadi, harap pertimbangkan terget pasar, anggaran, dan tujuan Anda dalam memberikan atau menjual merchandise tersebut.
Apabila Anda menginginkan merchandise dalam bentuk tali lanyard, coba cetaknya di LanyardKilat saja. Sebab vendor ini sudah menjadi pilihan banyak perusahaan dalam membuatkan merchandise cantik sekaligus berkesan buat banyak orang.