Puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan primer di Indonesia yang memiliki peran krusial dalam menjangkau masyarakat luas. Dalam operasionalnya yang dinamis, identifikasi yang jelas dan terstruktur menjadi fondasi penting untuk kelancaran pelayanan dan peningkatan keamanan.
Penerapan kartu identitas Puskesmas atau yang lebih dikenal dengan ID card ini sekarang sudah bukan lagi atribut untuk formalitas saja, melainkan sebuah kebutuhan yang sangat penting.
Keberadaan ID card pada lingkungan Puskesmas akan membantu orang yang bekerja di sana sekaligus pasiennya. Maka dari itu, Puskesmas Anda harus memiliki ID card ini.
Nama Produk | ID Card Puskesmas Daerah |
Bahan Produk | PVC Standart |
Ukuran Produk | 8,56 cm x 5,4 cm |
Min. Order | 25 pcs |
Keberadaan ID card memiliki beragam tujuan esensial yang secara langsung berkontribusi pada kualitas pelayanan.
Salah satu fungsi utama dari ID card itu sebagai tanda pengenal petugas kesehatan dan staf non-medis yang bertugas di Puskesmas. Dengan ID card yang terpasang di badan, pasien dan pengunjung dapat dengan mudah mengenali individu yang berwenang memberikan palayanan kesehatan.
Hal ini tentu saja akan menciptakan rasa aman dan kepercayaan, sekaligus mempermudah interaksi dan komunikasi. Selain itu, ID card juga berfungsi sebagai alat kontrol akses ke area tertentu di dalam Puskesmas.
Bagi pasien, ID card juga memiliki peran (meskipun tidak sepenting staf). Dalam alur pelayanan kesehatan, keakuratan identitas pasien terkadang juga diperhitungkan untuk menghindari kesalahan diagnosis, pengobatan, dan pemberian tindakan medis.
Untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan identifikasi, Puskesmas umumnya menerapkan beberapa jenis ID Card dengan fungsi dan informasi yang berbeda.
ID card ini wajib dikenakan selama jam kerja. Kartunya secara visual membedakan antara staff medis, staf administrasi, dan tenaga pendukung lainnya.
Juga hampir sama seperti ID card Staff, tetapi fungsinya utamanya sebagai kartu identitas berobat bagi individu yang terdaftar sebagai pasien di Puskesmas. Kartu ini umumnya diberikan saat pertama kali pasien melakukan pendaftaran.
Meskipun tidak selalu diterapkan pada semua Puskesmas di Indonesia, namun ID card khusus untuk pengunjung Puskesmas dapat menjadi barang efektif untuk meningkatkan keamanan, terutama pada Puskesmas dengan area yang luas dan memiliki jam operasional di luar pelayanan utama.
Tanda pengenal pengunjungini memungkinkan petugas untuk memantau lalu lintas orang di dalam fasilitas dan memastikan bahwa setiap individu yang berada di area tersebut memiliki tujuan yang jelas.
Biasanya, tujuan pengunjung datang ke Puskesmas yaitu untuk observasi dari pihak universitas kesehatan atau dari dinas kesehatan setempat untuk menginspeksi Puskesmas tersebut.
Informasi yang dicantumkan dalam ID Card disesuaikan dengan jenis kartu dan tujuannya, memastikan relevansi dan efektivitas penggunaannya.
Pada ID Card staf, informasi yang umumnya tercantum meliputi:
Informasi ini dirancang untuk memberikan identifikasi yang jelas dan mempermudah verifikasi status kepegawaian.
Informasi yang tercantum dalam ID Card pasien biasanya meliputi:
Informasi ini fokus pada identifikasi unik pasien dalam sistem pelayanan kesehatan Puskesmas.
Impementasi dan penggunaan ID card ini memerlukan perencanaan dan sosialisasi yang matang. Prosesnya meliputi pembuatan desain ID card yang sesuai dengan standar Puskesmas Indonesia.
Karena pada dasarnya ini berlandaskan pedoman identitas dari Kementerian Kesehatan. Untuk melihat pedomannya, Anda dapat mengeceknya di sini.
Setelah mengetahui pedomannya, baru Anda boleh melakukan pengadaan perangkat cetak dan sistem pengelolaan data, serta pendistribusian ID card kepada staff dan pasien.
Selepas ID card tersebut diterbitkan, penting untuk menetapkan kebijakan yang jelas mengenai kewajiban penggunaan ID card bagi staf selama bertugas dan anjuran bagi pasien untuk selalu membawa ID card saat berkunjung.
Selain itu, perlu adanya mekanisme penggantian ID card yang hilang atau rusak. Hal ini supaya kalau barang identitasnya rusak, bisa langsung diganti dengan segera.
ID Card Lainnya:
Pengadaan atribut identitas ini harus segera Anda lakukan, dan untuk pencetakannya, Anda dapat mendelegasikan kepada tim LanyardKilat untuk membantu mencetak ID card untuk Puskesmas milik Anda.
Apabila Anda minat, langsung saja hubungi tim CS kami supaya dapat konsultasi pemesanan lebih lanjut. Hubungi kontak kami di bawah ini: