Dalam dunia bisnis yang bergerak begitu masif, perusahaan dituntut untuk terus menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi. Termasuk dalam hal-hal yang tampaknya sederhana, seperti pemesanan tali lanyard.
Lanyard bisa perusahaan gunakan untuk kegiatan seperti seminar, pelatihan, atau event formal lainnya. Oleh karena itu, proses pemesanan harus berjalan cepat supaya tidak membuang-buang waktu, terlebih jika acara mepet.
Salah satu bentuk adaptasi teknologi yang mulai banyak digunakan yaitu pemesanan lanyard melalui Direct Message (DM) Instagram. Meskipun awalnya terlihat informal, nyatanya metode ini justru memberikan banyak keuntungan bagi divisi procurement maupun EO internal perusahaan.
Selama ini, banyak perusahaan masih menggunakan jalur konvensional seperti email atau form pemesanan untuk kebutuhan cetak lanyard. Walaupun jalur tersebut terkesan lebih formal, prosesnya seringkali lambat karena komunikasi yang tidak langsung.
Sebaliknya, dengan menggunakan DM Instagram, proses komunikasi jauh lebih cepat. Hal ini dikarenakan admin dari vendor seperti Lanyardkilat langsung membalas pesan secara real-time.
Bahkan, pelanggan bisa berdiskusi mengenai desain, bahan, hingga estimasi pengiriman hanya dalam satu kali sesi percakapan dan malah tahu sudah dibaca atau belum pesannya.
Untuk lebih jelasnya, berikut perbandingan singkat antara email dan DM Instagram
Metode | Rata-rata Waktu Respons | Tingkat Kepuasan Pelanggan |
Email/Formulir | 1–2 hari kerja | 70% |
Instagram DM | < 1 jam | 92% |
Walau menggunakan platform sosial, proses pemesanan tetap mengikuti prosedur yang jelas. Berikut alur yang bisa Anda ikuti oleh pihak perusahaan:
Langkah awal, pastikan Anda menghubungi akun resmi Lanyardkilat di @lanyardkilat.official (Jangan sampai salah vendor ya).
Dalam pesan awal, Anda bisa menyampaikan kebutuhan secara umum, misalnya jumlah lanyard, jenis bahan,dan deadline.
Admin akan membalas pesan Anda dengan menyampaikan estimasi harga, opsi desain, dan waktu produksi.
Jika perlu, Anda bisa menyampaikan permintaan revisi sebelum desain langsung naik cetak. Tapi, Anda harus membayar DP dulu sebagai jaminan.
Setelah semua disepakati, Anda akan menerima invoice resmi, lalu proses cetak dan pengiriman akan segera dilakukan.
Dengan alur seperti ini, pemesanan lanyard menjadi jauh lebih praktis dan tetap terstruktur dengan baik.
Artikel Terkait: Lanyard Luxury untuk Brand Premium
Terdapat satu pertanyaan yang sering muncul dari klien korporat, yaitu "Apakah layanan yang dilakukan via DM tetap profesional?"
Jawaban kami, Ya. Meskipun media digunakan adalah Instagram, seluruh komunikasi dan transaksi tetap berada dalam koridor profesional. Kami sebagai jasa cetak telah memiliki standar operasional dalam menangani klien B2B.
Bahkan, dokumen penting seperti invoice, bukti pembayaran, dan layout desain final tetap dikirimkan secara rapi dan terarsip.
Selain itu, komunikasi melalui DM juga terdokumentasi otomatis. Hal ini tentu memudahkan divisi purchasing atau administrasi dalam melakukan audit internal.
Agar proses pemesanan berjalan lebih lancar, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:
Dengan informasi yang lengkap sejak awal, Anda akan mendapatkan estimasi dan proses yang jauh lebih cepat.
Jika perusahaan Anda membutuhkan lanyard berkualitas dengan proses pemesanan yang cepat, fleksibel, dan tetap profesional, LanyardKilat bisa menjadi pilihan Anda. Vendor kami telah dipercayai oleh berbagai perusahaan, lembaga pendidikan, dan komunitas di seluruh Indonesia;
Cukup DM, biarkan kami bantu urus sisanya.