Tentukan Ukuran Lanyard ID Card Sebelum Memesan

Penggunaan tali lanyard semakin sering terlihat. Bahkan tak jarang ada banyak kalangan yang ingin menentukan sendiri ukuran lanyard mereka. Meski begitu sebaiknya mereka mengetahui dulu beberapa hal seputar ukuran lanyard ID card.

Ukuran Lanyard ID Card

Dalam pembuatan tali lanyard ID card harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. Dimulai dari pemilihan bahan, menentukan ukuran, warna, serta desain lanyard. Ukuran lanyard ID card menjadi sebuah poin penting dalam terciptanya sebuah lanyard berkualitas.

1.      Tujuan Pembuatan Lanyard

Sekarang tali lanyard tidak hanya digunakan untuk menggantung ID card saja, namun juga sering untuk menggantung dompet, HP, maupun menjadi hiasan tertentu. Dalam setiap tujuannya, tentu saja ukuran yang dibutuhkan juga berbeda.

Untuk ID card polos, biasanya ukuran lanyard memiliki panjang 90 cm dengan lebar 2 cm. namun lanyard untuk aksesoris memiliki ukuran lebih lebar, sekitar 2 cm sampai 3 cm. jadi sebelum memutuskan pemilihan ukuran tali lanyard, sebaiknya tentukan dulu tujuan pembuatannya.

2.      Jenis Lanyard

Setelah menentukan tujuan pembuatan, selanjutnya penentuan jenis apa yang akan menjadi dasar lanyard. Hal ini sangat berpengaruh pada pemilihan ukuran lanyard ID card. Pasalnya, lanyard dengan teknik printing akan lebih kecil daripada lanyard sablon.

Apabila sudah menentukan apakah lanyard termasuk printing, sablon, finishing, atau tidak finishing, konsumen baru bisa menentukan ukuran maupun warna lanyard yang sesuai dengan tujuan awal pembuatan lanyard.

3.      Ukuran Lanyard

Jika sudah menentukan jenis lanyard apa yang akan digunakan, maka konsumen harus menentukan ukuran lanyard yang diinginkan sesuai dengan bahannya. Menentukan ukuran lanyard ID card bsa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan apapun.

Konsumen cukup meminta ukuran tersebut kepada jasa pembuat lanyard. Jika jasa tersebut menyanggupi maka ukuran lanyard akan sesuai permintaan, namun jika jasa tidak menyanggupi, konsumen dapat coba mencari layanan pembuatan lanyard lainnya.

4.      Pengukuran

Sebenarnya sudah ada ukuran standard untuk lanyard, yaitu panjang 8,5 cm sampai 90 cm dengan lebar 1,5 cm hingga 2 cm. Meski begitu tidak salah jika konsumen ingin menentukan ukuran lanyardnya sendiri.

Pengukuran bisa dipilih berdasarkan desain motif yang akan berada di permukaan tali lanyard. Desain dengan ukuran lanyard sangat berhubungan erat. Apabila ukuran lanyard terlalu kecil, desain tentu akan terpotong. Begitu pula jika ukuran lanyard terlalu besar, desain akan merusak tampilan.

5.      Lanyard Dengan Teknik Sablon

Apabila konsumen memilih print tali lanyard dengan teknik sablon, biasanya polyester menjadi bahan dasarnya. Meskipun harganya ramah kantong, bahan ini kurang bisa menyempurnakan ketajaman warna desain dan akan luntur untuk pemakaian jangka panjang.

Ukuran untuk teknik ini adalah sekitar 85 cm sampai 90 cm untuk panjangnya. Sementara lebarnya adalah 1,5 cm sampai 2 cm. Ini merupakan patokan ukuran yang bisa saja berubah sesuai dengan permintaan khusus dari konsumen.

6.      Lanyard Dengan Teknik Printing

Ukuran standard lanyard ID card dengan teknik printing adalah sepanjang 90 cm dengan lebar 2 cm sampai 2,5 cm. Ukuran ini sangat pas untuk menjadi penggantung ID card di leher pemakainya. Selain itu ukuran ini juga mendukung estetika yang mempercantik penggunanya.

Biasanya lanyard dengan teknik ini menggunakan bahan dasar kain tissue yang siap menyerap warna sehingga memunculkan ketajaman sempurna pada warna desain meskipun rumit dan kecil. Selain itu penggunaan teknik ini terbukti awet dan tidak luntur meski digunakan untuk waktu lama.

7.      Lanyard Tanpa Teknik (Polos)

Jika tidak ingin menggunakan lanyard dengan motif, konsumen dapat juga menggunakan lanyard polos. Biasanya mereka akan mengoleksi beberapa warna sekaligus agar penggunaannya bisa sesuai dengan tema pakaian hari itu.

Ukuran lanyard ID card pada lanyard polos adalah sekitar 90 cm dengan pilihan lebar 1 cm, 1.5 cm, 2 cm, hingga 2.5 cm.  Semua itu bisa konsumen pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tampilan mereka karena pemilihan ukuran tali lanyard harus mampu mendukung penampilan.

8.      Lanyard Dengan Finishing

Biasanya jenis lanyard ini menggunakan bahan polyester dengan ukuran lebar 2 cm dan panjang seluruhnya 22 cm. Bahan ini membuat pemakainya merasa sedikit tidak nyaman karena kasar. Meski begitu bahan ini tetap bisa berguna untuk acara sesaat.

Selain itu lanyard finishing akan memberi warna tajam dengan detail gambar sempurna. Ada ukuran lain pada lanyard ini dengan bahan tissue yaitu panjang 85 cm sampai 90 cm dengan lebar 1,5 cm hingga 3 cm. tentunya semua kembali ke kebutuhan dan keinginan konsumen.

9.      Lanyard Tanpa Finishing

Ukuran lanyard ID card tanpa finishing memiliki dua pilihan ukuran standard. Yang pertama yaitu lebar 1,2 cm, 2 cm, atau 3 cm pada pilihan bahan tissue. Pilihan ini tidak bisa ada kaitan maupun stopper-nya. Meski begitu pilihan ini akan berkualitas tinggi dengan rasa nyaman saat menggunakannya.

Ukuran tali lanyard tanpa finishing kedua adalah panjang 33 cm dengan lebar tali 2 cm. bahan pada pilihan ini merupakan polyester yang bisa satu sisi maupun dua sisi. Tentunya pemilihan bahan ini tidak senyaman bahan tissue.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai ukuran lanyard ID card. Dalam memilih ukuran tentunya ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelumya, mulai tujuan lanyard, bahan dasar, teknik pembuatan, hingga rencana desain pada tali lanyard ID card.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?