Inilah Ukuran Tali Name Tag Berikut!

Name tag memiliki fungsi sebagai tanda pengenal dengan berisikan identitas pemakainya. Biasanya name tag akan menggantung pada sebuah tali dengan ukuran tali name tag yang tersedia dalam berbagai pilihan.

Ukuran Tali Name Tag

Name tag kerap terlihat pada karyawan perusahaan ataupun panitia pada suatu acara. Untuk dapat menggunakan name tag ini dibutuhkan sebuah tali lanyard. Ada beberapa pilihan ukuran tali name tag sesuai kebutuhan.

1.      Tali Printing

Tali name tag dengan metode print tali lanyard memiliki berbagai kelebihan daripada metode lainnya. Hasil warna akan tajam meski pada detail susah sekalipun. Bahan ini juga kuat dan awet untuk penggunaan jangka panjang.

Ukuran tali name tag dengan teknik printing ini berbahan dasar tissue dengan ukuran panjang 90 cm dan lebar 2 cm. Pada jenis ini pembeli dapat meminta tambahan satu kaitan dan satu buah stopper untuk mengatur panjang tali.

2.      Tali Sablon

Tali lanyard dengan metode cetak sablon memiliki hasil tali berkualitas. Meskipun warna desain tidak setajam hasil printing, namun teknik sablon memberi hasil kualitas warna baik. Karena tidak menggunakan mesin pemanas, maka jenis ini akan pudar dalam penggunaan jangka panjang.

Pada lanyard sablon, ada dua pilihan ukuran, yaitu panjang 90 cm dengan lebar 1,2 cm atau panjang 90 cm dengan lebar 2 cm. Jenis ini juga dapat ditambahkan hingga 2 pengait dan satu buah stopper untuk melengkapi tali.

3.      Tali Polos

Tali lanyard polos tidak memiliki desain apapun pada permukaannya. Ada beberapa pilihan ukuran pada jenis tali ini, yaitu panjang 90 cm dengan lebar 1 cm yang tidak bisa ditambah stopper, atau panjang 90 cm dengan lebar 1,5 yang bisa memuat kaitan 2 kali dan satu stopper.

Selain itu, ada satu ukuran tali name tag lainnya yaitu panjang 90 cm dengan lebar 2 cm dengan tambahan hingga dua buah kaitan dan satu stopper. Jenis tali lanyard polos ini kerap menjadi primadona karena memberi kesan dan simpel pada penggunanya.

4.      Tali Lebar 2,5 cm

Jika pembeli ingin memesan jenis lanyard yang sangat baik untuk pengaplikasian desain, maka ukuran ini menjadi pilihan tepat. Dengan berbahan dasar tissue, ukuran tali lanyard panjang 90 cm dengan lebar 2,5 cm ini dicetak menggunakan teknik printing.

Dengan bahan berkualitas dan lebar memadai, lanyard ukuran ini mampu menampung desain di kedua sisinya. Maka tak heran jika hasilnya menarik dan nyaman saat penggunaan. Namun ukuran ini memasang harga yang lebih tinggi dari ukuran di bawahnya.

5.      Tali Lebar 2 cm

Berikutnya ada ukuran tali name tag dengan panjang 90 cm dan lebar 2 cm. ukuran ini bisa terbuat dari dua pilihan bahan, polyester dan tissue. Desain dapat berada di kedua sisi bahan tissue karena jenis bahan yang kuat pada cetakan digital printing.

Namun pada jenis bahan dasar polyester, desain hanya bisa pada satu sisi saja. Ukuran desain pada lanyard ini juga terbatas, yaitu hanya sekitar 1,5 cm sampai 1,8 cm saja untuk lebarnya. Meski begitu biaya untuk bahan polyester lebih murah daripada bahan tissue.

6.      Tali Lebar 1,5 cm

Tali lanyard dengan panjang 90 cm dan lebar 1,5 cm menjadi tali paling populer karena memberi kesan simpel. Bahan yang dapat menjadi bahan dasar ukuran ini biasanya adalah jenis polyester. Ukuran tali ini banyak dijual dalam beragam warna polos tanpa desain.

Namun bukan berarti ukuran ini tidak bisa didesain. Jika ingin menambahkan desain, desain hanya bisa berada di satu sisi saja dengan lebar sekitar 1 cm sampai 1,3 cm. hal ini bertujuan untuk mengantisipasi resiko terpotong saat proses akhir.

7.      Ukuran Tali Umum

Selain beberapa ukuran di atas, sebenarnya sudah ada ukuran standard pada tali lanyard. Ukuran yang menjadi standard ini berdasarkan pada beberapa hal seperti berat beban gantung, kegunaan tali lanyard, serta menjadi penunjang penampilan.

Ukuran tali name tag paling umum adalah panjang 85 cm sampai 90 cm dan lebar 1,5 cm sampai 2 cm. Biasanya ukuran ini ada pada tali lanyard yang bebas di pasaran. Namun jika pembeli ingin melakukan pesanan custom maka ukuran dapat berubah.

8.      Ukuran Name Tag

Ukuran name tag akan mempengaruhi ukuran lanyard name tag. Pada umumnya name tag memiliki ukuran 8,56 cm x 5,39 cm. Name tag dengan ukuran ini mampu bergantung pada tali name tag ukuran terkecil sekalipun.

Untuk membuat desain name tag yang menarik, dapat menggunakan beberapa software dan aplikasi desain seperti Canva, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan Pics Art. Dalam pembuatannya perlu memperhatikan korelasi warna dan peletakan setiap detailnya.

9.      Tips Membuat Desain Tali

Setelah menentukan ukuran tali name tag, pembuatan desain lanyard bisa mulai. Langkah pertama dalam pembuatan desain adalah membuat sketsa dasar. Poin ini berfungsi sebagai patokan dari langkah berikutnya.

Saat sketsa dasar sudah jadi, langkah berikutnya adalah membuat format desain secara memanjang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peletakan logo dan tulisan pada desain. Kemudian langkah berikutnya adalah mewarnai desain dan mencetak desain tali lanyard.

Nah itu dia informasi mengenai ukuran tali ID card. Pembuatan ukuran tali sangat perlu memperhatikan berbagai faktor seperti kebutuhan, beban gantung, desain yang terpilih, hingga estetika visualnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?