Inilah Nama Lain Tali ID Card, Yuk Cek!

nama lain tali id card

Tali ID card, sebuah aksesori sehari-hari yang sering banyak karyawan, panitian dan orang gunakan ini, ternyata memiliki sejarah yang panjang. Ketika kamu pesan ID Card, maka biasanya akan sepaket dengan talinya. Lalu apa ya nama lain tali ID card itu sendiri? Apakah kamu tahu sebutannya?

Ternyata, ada berbagai istilah untuk penamaan pada tali ID card di berbagai tempat dan konteks. Kalau kamu penasaran dengan apa saja nama lain dari ID card, yuk kenali deskripsi dan sejarahnya di sini!

Mengapa Disebut Dengan Tali ID Card?

“Tali ID card” dinamakan demikian karena fungsinya sebagai tali atau gantungan tali ID card atau kartu identifikasi lainnya. Istilah ini mencerminkan penggunaan utama dari tali tersebut, yaitu untuk menggantungkan ID card agar si penggunanya mudah melakukan akses dan orang lain pun juga mudah untuk mengenalinya.

Istilah “ID card” sendiri adalah singkatan dari “identification card” atau “kartu identifikasi” dalam bahasa Indonesia. Kartu ini biasanya orang gunakan untuk mengidentifikasi individu dalam berbagai konteks, seperti di tempat kerja, acara-acara resmi, atau lembaga pendidikan.

Penggunaan tali untuk membawa ID card atau kartu identifikasi sering kali menjadi pilihan yang praktis dan umum karena memungkinkan kartu tersebut tetap terlihat dan mudah untuk diaplikasikan ketika kamu butuh. Tidak heran jika kemudian item satu ini dinamakan dengan”tali ID card”.

Sejarah Adanya Tali ID Card

Sejarah tali ID card atau lanyard, seringkali disebut sebagai tali gantungan lumayan panjang.  Awal mula penggunaan lanyard dapat kamu telusuri hingga masa pelayaran di lautan lepas. Para pelaut dari berbagai bangsa menggunakan lanyard sebagai alat yang penting dalam menjaga peralatan dan senjata mereka tetap terikat di kapal ketika berlayar.

Lanyard pada saat itu terbuat dari tali atau benang yang kuat, seringkali terbuat dari bahan alami seperti kapas atau serat kain lainnya. Penggunaan lanyard di atas kapal membantu para pelaut untuk menjaga peralatan mereka tetap aman di tengah gelombang laut yang ganas, dan juga memudahkan akses saat dibutuhkan.

1. Sejarah lanyard di militer

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan lanyard meluas ke berbagai bidang dan industri. Di militer, lanyard sering kali prajurit gunakan sebagai bagian dari seragam atau peralatan untuk menunjukkan pangkat atau prestasi tertentu.

Lanyard dengan warna dan desain khusus sering diberikan kepada personel militer untuk menandakan unit atau divisi tempur mereka, atau untuk mengenali penghargaan atau pencapaian tertentu yang mereka peroleh.

2. Sejarah lanyard di industri

Di industri, penggunaan lanyard juga berkembang pesat. Lanyard menjadi item penting sebagai bagian dari peralatan keselamatan di tempat kerja, membantu pekerja untuk menjaga alat keamanan tetap terikat pada tubuh mereka, seperti kunci pengaman atau alat ukur.

Penggunaan lanyard dalam konteks ini membantu mencegah kecelakaan kerja dan memastikan kepatuhan terhadap standar keselamatan yang ketat.

3. Sejarah lanyard abad 20

Perkembangan teknologi dan perubahan sosial juga memengaruhi evolusi lanyard. Pada abad ke-20, lanyard mulai menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan pelajar dan peserta konferensi atau acara lainnya. Lanyard menjadi item penting untuk membawa ID card, kartu akses, kunci, dan barang-barang kecil lainnya dengan mudah.

Desain lanyard pun semakin bervariasi dan berkembang seiring permintaan pasar. Mulai dari lanyard sederhana dengan pola dan warna dasar hingga lanyard yang dicetak dengan logo perusahaan atau slogan acara, ada banyak pilihan yang tersedia sesuai dengan preferensi dan kebutuhan individu.

Selain sebagai alat praktis, lanyard juga telah menjadi bagian dari budaya populer. Di festival musik dan acara olahraga besar, pengunjung sering kali mengenakan lanyard yang unik dan kreatif untuk mengekspresikan minat dan kepribadian mereka.

Selain itu, lanyard juga menjadi barang koleksi bagi beberapa orang, dengan banyaknya variasi desain dan material yang tersedia di pasaran. Secara keseluruhan, sejarah lanyard mencerminkan perkembangan masyarakat manusia dan perubahan dalam kebutuhan praktis dan budaya.

Dari penggunaan awalnya di atas kapal laut sebagai alat yang penting untuk menjaga peralatan tetap terikat, hingga menjadi aksesori yang umum orang gunakan dalam berbagai konteks kehidupan modern, lanyard terus berubah dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Dalam hal ini, lanyard tidak hanya berfungsi sebagai alat praktis untuk membawa kartu identifikasi atau akses, tetapi juga sebagai simbol dari konektivitas, keamanan, dan identitas individu di era modern.

Nama Lain Tali ID Card

sinonim tali id card

Tali ID card atau edikat memiliki beberapa nama lain sesuai dengan konteks dan perkembangan budaya. Berikut adalah beberapa nama alternatif yang umumnya orang gunakan untuk merujuk pada istilah tali ID card:

1. Lanyard

Lanyard adalah istilah yang umum orang gunakan di banyak negara. Lanyard merujuk pada tali atau gantungan yang orang gunakan untuk membawa ID card. Asal usul istilah “lanyard” berasal dari bahasa Prancis kuno, “lanière,” yang berarti tali atau tali yang panjang dan sempit.

Awalnya, lanyard digunakan oleh para pelaut sebagai alat untuk menjaga peralatan dan senjata mereka agar tetap terikat di kapal. Penggunaan lanyard kemudian meluas ke berbagai bidang, termasuk militer, industri, dan kehidupan sehari-hari.

2. Tali Gantungan Kartu

Istilah tali gantungan kartu juga merujuk pada tali untuk menggantungkan kartu identifikasi atau ID card. Penggunaan tali untuk menggantungkan ID card sudah menjadi praktik umum sejak lama. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan akan identifikasi pada orang,  yang lebih mudah dan aman, penggunaan tali gantungan kartu semakin umum.

3. Tali Nametag

Nama lain tali id card yang selanjutnya adalah tali name tag. Nama lain ini menekankan penggunaan tali untuk membawa name tag yang sering kali memiliki nama dan informasi identifikasi lainnya.

Penggunaan tali untuk membawa nametag ID card sudah berlangsung lama. Penggunaan tali name tag sudah menjadi praktik umum di berbagai lingkungan, dari tempat kerja hingga acara-acara sosial, untuk memudahkan pengenalan dan interaksi antarindividu.

Setiap nama lain ID card mencerminkan fungsi dan peran tali dalam berbagai konteks. Meskipun nama-nama ini mungkin bervariasi, tetapi penggunaan tali ID card sebagai alat untuk membawa kartu identitas telah menjadi bagian penting dari kehidupan dan berbagai sektor, terutama bisnis.

Jenis-jenis Tali ID card

jenis-jenis tali id card

Lanyard, tali ID card, atau tali gantungan, adalah aksesori yang sering kali dianggap sepele, namun memiliki banyak fungsi dan variasi yang menarik. Dari tali ID card sederhana untuk membawa ID card di tempat kerja hingga lanyard kreatif yang menjadi bagian dari gaya hidup, ada banyak jenis tali ID card yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa jenis tali ID card sesuai dengan materialnya:

1. Tali ID Card Polyester

Tali ID card polyester adalah jenis lanyard yang paling umum dan seringkali orang gunakan di berbagai lingkungan, termasuk tempat kerja, acara-acara bisnis, dan kegiatan promosi. Tali ID card ini terbuat dari bahan polyester yang kuat dan tahan lama.

Biasanya terdapat logo atau pesan khusus menggunakan metode sablon atau sublimasi di tali ID card polyester. Tali ID card polyester tersedia dalam berbagai warna dan desain, menjadikannya pilihan yang serbaguna untuk berbagai keperluan.

2. Tali ID Card Nylon

Jenis kedua terbuat dari nylon dan memiliki karakteristik yang mirip dengan lanyard polyester, namun terbuat dari bahan nylon. Nah, nylon sendiri merupakan bahan yang lebih tahan terhadap kerusakan dan kelembaban.

Dengan karakteristik dari nylon ini, maka membuatnya cocok untuk kamu gunakan dalam situasi yang membutuhkan daya tahan ekstra, seperti acara-acara luar ruangan atau aktivitas olahraga. Banyak perusahaan menggunakan tali ID card dengan bahan nylon karena cocok untuk acara festival musik di mana keandalan dan daya tahan menjadi faktor penting.

3. Tali ID Card Reflektif

Jenis yang selanjutnya adalah tali ID card reflektif. Jenis lanyard satu ini memiliki strip reflektif sehingga memantulkan cahaya. Jenis tali id card ini membuat lanyard menjadi lebih mudah terlihat di kondisi cahaya rendah atau gelap, sehingga meningkatkan keamanan pengguna, terutama di tempat-tempat dengan lalu lintas kendaraan atau aktivitas luar ruangan pada malam hari.

Tali ID card reflektif sering perusahaan pesan untuk para pekerja di jalan raya, sukarelawan keamanan, atau peserta acara luar ruangan.

4. Tali ID Card Satin

Sesuai dengan namanya, maka jelas bahwa tali ID card satu ini punya bahan satin. Satin adalah jenis lanyard yang lebih mewah dan elegan dan kegunaannya untuk acara-acara formal atau pernikahan.

Terbuat dari bahan satin yang halus dan berkilau, tali ID card memiliki desain yang lebih dekoratif atau ada aksen seperti manik-manik atau pita. Tali ID card satin menambah sentuhan kemewahan pada acara-acara khusus dan menjadi kenang-kenangan yang indah bagi para tamu.

5. Tali ID Card Dengan Bahan Daur Ulang

Kalau untuk yang satu ini, sudah jelas dibuat dengan bahan daur ulang. Tali id card ini terbuat dari bahan sustainable seperti botol plastik daur ulang atau serat tekstil daur ulang. Penggunaan bahan daur ulang membantu mengurangi limbah plastik dan jejak karbon sehingga menjadikannya pilihan yang ramah lingkungan.

Kalau kamu peduli tentang dampak lingkungan, maka bisa gunakan jenis tali id card dari bahan ini. Tali ID card daur ulang tersedia dalam berbagai warna dan desain. Banyak perusahaan atau organisasi yang memesan jenis tali ID card ini untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan.

6. Tali ID card Silikon

Dengan bahan silikon, jenis lanyard satu ini fleksibel dan tahan lama. Tali ID card ini seringnya untuk perangkat elektronik, seperti kunci USB atau telepon pintar, karena sifatnya yang tahan terhadap air dan tahan lama.

Lanyard silikon hadir dalam berbagai warna dan kamu juga bisa menyematkan logo atau pesan khusus untuk keperluan promosi atau pemasaran.

Dari tali ID card yang praktis hingga yang bahannya mewah, ada banyak jenis lanyard yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, kamu dapat menemukan lanyard yang tepat untuk memenuhi kebutuhanmu, baik itu untuk keperluan kerja, promosi bisnis, atau acara khusus.

Setelah tahu nama lain tali ID card, Anda tidak perlu bingung lagi kalau memesan lanyard. Yuk, pesan di tempat jual tali ID card hanya di Lanyardkilat! Temukan harga terbaik dengan kualitas yang terjamin mutunya!

 

Terupdate
Open chat
1
Butuh bantuan?
Scan the code
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?