Pertimbangkan Ukuran Tali ID Card Sebelum Membuat Lanyard

Berfungsi sebagai penjaga ID card supaya tidak hilang serta menjadi media promosi, panjang dan lebar tali ID card harus sesuai dengan ukuran ID card yang akan menggantung. Meski bisa memilih ukuran tali ID card sendiri, ternyata sudah ada ukuran standard untuk ID card.

Dasar Memilih Ukuran Tali ID Card

Biasa terlihat untuk keperluan acara, pekerjaan, maupun organisasi, tali lanyard memiliki ukuran standard yang sudah mempertimbangkan lebar ID card secara umum dengan desain mendukung penampilan dan memperhatikan estetika. Simak pembahasan ukuran tali lanyard berikut ini

1.      Panjang Tali Umum

Meskipun bisa mengajukan permintaan khusus pada ukuran tali ID card agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, sebenarnya sudah ada panjang tali umum yang dapat menjadi acuan. Yaitu panjang 8,5 cm sampai 90 cm dengan lebar 1,5 cm hingga 2 cm.

Penetapan ukuran ini tentu sudah mempertimbangkan berbagai aspek seperti berat ID card yang akan terkait dengan lanyard, kenyamanan penggunanya, serta panjang sesuai. Tapi kembali lagi pada tiap kepentingan, ukuran lanyard tetap bisa berbeda sesuai dengan suatu kebutuhan.

2.      Tampilan Lanyard

Setelah menetapkan ukuran lanyard ID card yang sesuai, maka waktunya menentukan apa saja yang akan menghiasi permukaan tali ID card. Hiasan ini bisa berupa font, logo, maupun gambar sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan tema ID card.

Dengan ukuran panjang tali umum, desain paling sesuai adalah berukuran 100 x 2.07 cm. Ukuran desain memang lebih panjang sedikit daripada ukuran tali karena memiliki alasan kebutuhan saat pemotongan maupun saat proses finishing.

3.      Ukuran 2,5 cm

Sangat cocok untuk cetakan dengan desain penuh motif dan gambar, ukuran ini mampu menjadi ID card untuk hiasan maupun aksesoris karena mampu menjadi gantungan untuk hp, dompet, maupun barang lainnya.

Dengan memilih bahan dasar polyester atau tissue, desain di permukaan lanyard akan awet dan bisa bertahan lama meskipun pemakaiannya sering. Serumit apapun desain, logo, dan font yang hendak menghiasi lanyard ini, hasilnya akan tetap memuaskan dan sempurna.

4.      Ukuran 2 cm

Menjadi ukuran favorit para penggunanya, ukuran tali ID card dengan lebar 2 cm menjadi ukuran paling ideal dan nyaman. Ukuran ini juga dianggap paling pas untuk segala jenis ID card yang akan menggantung di ujung lanyard.

Selain itu, bahan paling pas untuk ukuran ini adalah tissue karena akan menunjang kualitas tali. Meski begitu, tidak ada salahnya jika membuat lanyard menggunakan nilon maupun polyester lainnya mengingat budget tissue cukup mahal.

5.      Ukuran 1,5 cm

Lebar 1,5 cm menjadi ukuran paling standard karena tidak terlalu lebar dan tidak terlalu kecil. Pada ukuran ini seringkali hanya menggunakan desain polos yang berwarna-warni. Namun meski begitu menggunakan tali ID card ukuran ini akan memberi kesan elegan bagi penggunanya.

Terdapat kaitan untuk aksesoris di ujungnya, lanyard dengan lebar 1,5 cm ini memiliki panjang kurang lebih 90 cm yang merupakan ukuran panjang standard untuk orang Indonesia. Lanyard ukuran ini cocok juga untuk ID card berukuran lebar.

6.      Layout Tali ID Card

Pembuatan tali lanyard tentu harus memperhatikan berat ID card yang akan digantung, mendukung penampilan penggunanya, serta sesuai dengan tujuan ID card. Maka dari itu layout menjadi hal terpenting pada desain lanyard.

Ukuran layout dapat mempengaruhi tampilan dari lanyard yang dapat memperbagus maupun memperburuk penampilan pemakainya. Semakin tepat ukuran layout, maka semakin nyaman pula pemakaiannya.

7.      Konsep Layout

Konsep merupakan hal pertama yang harus ada sebelum proses pembuatan layout maupun desain. Penataan konsep layout harus sesuai pada tujuan adanya lanyard. Jangan sampai konsep layout melenceng jauh dari permintaan klien.

Setelah konsep layout tersusun atas dasar keinginan pesanan, maka pembuat lanyard sudah bisa mulai membuat rencana pemilihan warna, bagaimana desainnya, sampai ukuran layout yang akan dituangkan dalam lanyard. Jadi konsep merupakan pondasi awal sebuah pembuatan tali ID card.

8.      Acuan Desain

Ukuran tali ID card menjadi acuan dari desain yang akan digunakan. Jika ukuran layout melebihi ukuran tali lanyard, tampilannya akan buruk, begitu pula jika ukuran layout lebih kecil dari ukuran tali ID card. Selain itu resolusi juga perlu menjadi perhatian dengan menyesuaikan pada ukuran tali.

Saat lanyard dicetak di tempat cetak print tali lanyard, jika ukuran layout dan resolusinya tidak tepat, maka akan berakibat fatal pada tampilan tali ID card. Maka dari itu menentukan ukuran tali ID card sejak awal merupakan sebuah keharusan sebelum melakukan berbagai step setelahnya.

9.      Keselarasan

Hal berikutnya yang harus menjadi perhatian dalam pembuatan tali lanyard adalah keselarasan. Hal ini berarti seluruh komponen penting seperti ukuran tali ID card, konsep layout, desain, hingga pemilihan warna dan resolusi harus melebur demi mencapai hasil sesuai keinginan.

Jika ada salah satu saja yang menyimpang maka akan berdampak pada buruknya tampilan lanyard. Visual buruk pada tali ID card akan sangat berpengaruh pada rasa percaya diri pemakainya. Maka dari itu perlu pemikiran matang mengenai segala aspek sebelum mulai membuat tali lanyard.

Nah demikian pembahasan mengenai ukuran tali ID card. Ukuran tali harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pembuatnya. Pastikan ukuran benar-benar pas karena akan berpengaruh pada langkah berikutnya, yaitu pembuatan layout hingga peletakan desain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?