Harga Cetak Lanyard Pada Pesanan Custom

Berbagai profesi dan panitia acara kerap menggunakan ID card sebagai tanda pengenal. Dalam penggunaannya, penambahan lanyard membantu mempermudah ID card untuk menyimpannya. Lantas, berapa harga cetak lanyard secara custom?

Harga Cetak Lanyard dan Hal Menarik Lainnya

Memesan tali lanyard secara custom tentu berbeda dengan membeli langsung lanyard jadi. Pesanan custom membebaskan pemesan untuk memilih segala detail dari tali lanyard. Berikut ini beberapa hal terkait harga cetak tali lanyard untuk pemesanan custom.

1.      Memilih Bahan Dasar Lanyard

Dalam proses pembuatan tali lanyard, bahan dasar menjadi hal penting karena akan memberi banyak pengaruh untuk hasil akhir. Bahan rapat akan membuat warna tali lanyard rapi dan akan awet untuk jangka waktu lama.

Pemilihan bahan dasar tali akan mempengaruhi harga cetak lanyard pula. Hal ini karena semakin bagus bahan dasar maka harganya akan relatif lebih tinggi. Berikut ini beberapa jenis bahan dasar untuk pembuatan lanyard

2.      Polyester Tissue

Bahan pertama ini merupakan jenis bahan dasar paling banyak peminatnya. Memiliki struktur lembut dan kuat, cetakan pada polyester tissue akan memberi warna tajam meski pada detail rumit sekalipun. Selain itu kerapatan serat tissue membuat warna awet untuk penggunaan lama.

Memiliki permukaan halus, memberi warna tajam, desain tidak mudah luntur, serta awet untuk penggunaan dalam jangka lama membuat jenis ini sangat diminati. Harga cetak lanyard pada bahan ini paling tinggi daripada jenis bahan lain karena kualitasnya yang memuaskan.

3.      Polyester Doff

Jenis bahan dasar kedua pada pembuatan lanyard adalah polyester doff. Seperti namanya, bahan ini memberi tampilan doff pada kainnya. Cetakan pada jenis doff akan kuat dan tahan lama. Karena hasilnya yang berkualitas, maka jenis ini sering menjadi pilihan.

Dalam serat kainnya, polyester doff tidak mengandung serat halus atau filamen. Hal ini membuat tampilan jenis ini tidak memberi kesan mengkilap. Meski begitu, penggunaan bahan ini sangat cocok untuk mendukung tampilan simpel dan elegan.

  • Polyester Nylon

Berbeda dengan polyester tissue yang bagus dengan cetakan printing, jenis nylon justru sangat bagus dengan cetakan sablon. Permukaan tali yang sedikit kasar akan menghasilkan warna dengan baik.

Tekstur dari nylon juga kuat, elastis, dan ringan. Selain itu bahan ini tidak mudah menyerap kotoran sehingga akan selalu terlihat bersih. Kekuatan polyester nylon juga mampu menggantung handphone dan tidak mudah putus.

  • Polyester Sarung

Memiliki sebutan lain sebagai polyester tube, jenis ini memiliki tekstur rapat seperti polyester tissue. Polyester sarung juga memiliki karakteristik lemas dan kurang kuat layaknya menyerupai sarung. Memilih bahan ini akan membuat hasil lanyard ringan dan nyaman saat penggunaan.

Namun, kekurangan dari polyester sarung adalah lemahnya tekstur membuat lanyard jenis ini kurang kuat untuk penggunaan jangka lama. Maka dari itu, penggunaan jenis ini sering ditemukan pada penggunaan singkat seperti untuk acara sesaat.

  • Polyester Kilap

Jenis bahan ini juga banyak memiliki peminat seperti bahan polyester tissue. Memiliki bahan tekstur lembut, padat, dan kuat membuat jenis ini nyaman digunakan untuk durasi lama. Serat halus dalam bahan ini membuat tampilan lanyard terlihat mengkilap.

Warna cetakan pada bahan ini sangat terang dan jelas karena kelebihan bahan yang mudah menyerap warna. Bahan dari polyester kilap juga kuat, padat, dan lembut sehingga penggunanya akan merasa nyaman.

4.      Memilih Metode Cetakan

Dalam membuat lanyard, terdapat tiga metode yang dapat dilakukan yaitu cetak printing, cetak sablon, dan cetak huruf timbul. Setiap metodenya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri terhadap hasilnya.

Sesuai dengan keunggulan masing-masing metode, harga cetak lanyard pada tiap metodenya pun berbeda. Semakin banyak keunggulan yang diterima pembeli, maka biayanya pun juga lebih banyak. Berikut ini tiga jenis metode cetakan untuk lanyard

·         Metode Sablon Manual

Metode ini mematok harga paling murah daripada kedua metode lain. Hal ini karena alat untuk menyablon sederhana, yaitu cukup dengan tinta, rakel, dan screen sablon. Setiap ingin menorehkan sebuah warna maka membutuhkan satu buah screen.

Teknik ini membutuhkan durasi pengerjaan cukup lama karena harus dikerjaan satu per satu. Maka dari itu jumlah produksi pun memiliki batasan tersendiri. Hasil warnanya pun bagus namun tidak awet untuk penggunaan jangka panjang.

·         Metode Printing

Setelah sablon, ada metode printing yang memasang harga cetak lanyard lebih mahal. Bukan tanpa alasan, harga tersebut sepadan dengan proses dan hasil cetakan. Ketika melakukan cetakan, pembuat membutuhkan alat cetak tali lanyard khusus dan mesin heat press untuk memperkuat warnanya.

Hasil dari cetakan printing ini akan memberi warna tajam meski dalam detail rumit sekalipun. Penggunaan mesin heat press juga menguatkan penggunaan lanyard sehingga awet untuk penggunaan dalam durasi waktu lama.

·         Metode Tulisan Timbulcetak

Ornamen dan huruf yang ada di permukaan tali lanyard akan menonjol dan menimbulkan kesan 3 dimensi. Kelebihan ini membuat hasil lanyard akan meningkatkan estetika tali. Di metode ini juga pembeli dapat meminta tambahan pengait atau stopper.

Proses cetakan yang sedikit rumit juga membutuhkan material tertentu untuk membuat kesan tiga dimensi. Maka dari itu harga cetak lanyard dengan metode ini mematok harga paling tinggi daripada kedua metode lainnya.

Itu dia pembahasan mengenai harga cetak lanyard. Dalam pembuatannya, pemilihan bahan dasar dan metode cetak akan mempengaruhi harga. Maka dari itu sebaiknya memilih bahan dasar dan metode cetak sesuai dengan budget yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?