Inilah Ukuran Lanyard di Photoshop Untuk Gantungan ID Card

Kebanyakan lanyard yang berada di pasaran memiliki banyak warna tanpa desain di permukaannya. Maka dari itu bagi orang yang ingin memiliki tali lanyard dengan desain khusus, mereka bisa menggunakan Photoshop sebagai media pembuatan desainnya. Namun, sesuaikan juga dengan ukuran lanyard di Photoshop

Beberapa Poin Tentang Ukuran Lanyard di Photoshop

Pada pembuatan desain lanyard, sebaiknya memenuhi ketentuan yang ada pada setiap ukuran tali lanyard. Hal ini bertujuan agar desain tidak pecah saat proses pencetakan. Pemilihan warna desain juga sebuah poin penting yang sangat harus menjadi perhatian.

1.      Penggunaan Adobe Photoshop

Membuat desain lanyard sebenarnya bisa menggunakan berbagai platform dan aplikasi desain. Namun Adobe Photoshop memberi berbagai kelebihan tersendiri dibanding media desain lainnya. Beberapa kelebihan Adobe Photoshop adalah sebagai berikut

  • Mudah menggunakan berbagai fitur di dalamnya, bahkan untuk pemula sekalipun
  • Bisa dipakai di banyak sistem operasi seperti Windows, Mac OS, maupun Linux
  • Memiliki banyak pilihan edit daripada aplikasi desain lainnya
  • Dapat menyimpan desain dalam banyak format, mulai dari jpg, jpeg, gif, hingga png
  • Memiliki banyak model warna seperti CMYK, RGB, Bitmap, Greyscale, dan lain sebagainya
  • Menyediakan banyak jenis efek

2.      Desain Lanyard di Photoshop

Menentukan ukuran lanyard di Photoshop lekat kaitannya dengan desain lanyard itu sendiri. Desain bisa memakai platform apa saja, namun untuk hasil memuaskan memang Photoshop menjadi pilihan tepat. Terdengar rumit, namun dengan mengikuti tutorial maka pemula pun mampu membuatnya.

Setelah meletakkan tulisan pada bagian tertentu pada sketsa lanyard di halaman Photoshop, langkah selanjutnya adalah membuat garis desain yang sesuai keinginan. Baru setelah itu semua tulisan dan garis serta gambar akan diatur menyesuaikan dengan ketentuan ukuran lanyard.

3.      Tujuan Pembuatan Lanyard

Sebelum mulai membuat desain lanyard di Photoshop, tujuan dari pembuatan lanyard harus sudah diketahui. Hal ini beralasan agar desain lanyard tidak melenceng dari tujuan itu sendiri, seperti untuk identitas sebuah perusahaan, untuk acara khusus, atau untuk identitas acara anak-anak.

Lanyard untuk karyawan perusahaan tentu membutuhkan desain dengan motif dan warna yang mendukung branding dari perusahaan tersebut. Sedangkan lanyard untuk acara anak membutuhkan motif berwarna mencolok dengan sedikit hiasan karakter agar panitia mudah mengenali.

4.      Mengikuti Ukuran Lanyard

Ukuran lanyard di Photoshop tentu berbeda dengan ukuran tali lanyard aslinya. Hal ini karena desain harus menyesuaikan dengan tali lanyard. Sebelum mulai mendesain, usahakan sudah mengetahui ukuran tali lanyard pada umumnya, atau bisa melakukan pemesanan dengan ukuran khusus.

Berikut ini sedikit penjelasan mengenai ukuran tali lanyard yang bisa menjadi patokan pembuatan desain ukuran lanyard di Photoshop saat proses pembuatan :

·         Ukuran Tali Lanyard Umum

Ukuran tali lanyard memiliki ukuran standar yaitu panjang 85 cm sampai 90 cm dengan lebar 1,5 cm sampai 2 cm. Penentuan ukuran ini berdasar pada pertimbangan berat gantungan, postur tubuh orang Indonesia, dan estetika saat penggunaannya.

Pada ukuran tali lanyard standar ini, ukuran lanyard di Photoshop harus menyesuaikan yaitu sekitar 100 cm untuk panjangnya dan 2,07 untuk lebarnya. Ukuran desain harus lebih sedikit dari ukuran asli tali lanyard karena mempertimbangkan pemotongan dan finishing pada prosesnya.

·         Ukuran Tali Lanyard 1,5 cm

Ukuran tali ini menjadi ukuran paling popular karena harganya yang murah dan mampu menambah kesan stylish pada pemakainya. Mengandung bahan polyester, desain pada ukuran tali ini cukup terbatas dan hanya mampu di satu sisi saja.

Namun hal ini tidak menghalangi pemberian desain di atasnya. Dengan menggunakan ukuran lanyard di Photoshop selebar 1 cm sampai 1,3 cm saja sudah cukup untuk memberi desain di permukaan tali ukuran ini.

·         Ukuran Tali Lanyard 2 cm

Bisa terdiri dari bahan dasar polyester maupun tissue, lanyard dengan ukuran 2 cm ini sedikit berbeda dalam penerapan desainnya. Jika memakai bahan polyester, desain hanya bisa berada di satu sisi saja.

Berbeda dengan bahan tissue yang di kedua sisinya bisa diberi desain. Untuk ukuran desain pada tali lanyard ini hanya berkisar 1,5 cm sampai 1,8 cm saja karena pertimbangan kemungkinan terpotong saat proses finishing.

·         Ukuran Tali Lanyard 2,5 cm

Tali lanyard berukuran 2,5 cm biasanya menjadi gantungan untuk aksesoris maupun penggantung HP, dompet, dan card holder. Tak heran di lanyard ini biasa diberi hiasan seperti bulu, pompom, gantungan kunci kecil, ataupun pita.

Mengedepankan visual, desain dari tali lanyard ukuran ini bisa terdapat di kedua sisi lanyard dengan ukuran maksimal sama seperti ukuran tali lanyard. Hal ini supaya gambar, tulisan, maupun logo pada desain tidak pecah maupun terpotong saat proses pencetakan.

5.      Menentukan Warna Dasar

Setelah memutuskan ukuran lanyard, langkah berikutnya adalah menentukan warna dasar. Jika untuk suatu perusahaan, maka warna lanyard sebaiknya mengusung warna identitas perusahaan itu. Begitu pula lanyard di suatu acara, yang mana lanyard menunjukkan ciri khas dari acara tersebut.

Dalam pembuatan desain lanyard, penggunaan warna CMYK  terbukti memberi hasil lebih memuaskan daripada warna RGB. Lanyard dengan warna CMYK bertekstur tajam dan tidak luntur, berbeda dengan warna RGB yang hasil cetaknya kabur, rawan luntur, dan berbeda dengan desain.

Nah itu dia beberapa hal yang perlu menjadi perhatian sebelum dan saat menentukan ukuran lanyard di Photoshop. Pastikan ukuran lanyard tidak melenceng jauh melebihi ukuran tali lanyard ataupun berselisih jauh dengan ukuran tali lanyard karena akan merusak estetika hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum

Lanyardkilat.co.id, ada yang bisa kami bantu?